PERAN GANDA PEREMPUAN PEKERJA PENJUAL IKAN DALAM KELUARGA DI KELURAHAN POTA KECAMATAN SAMBI RAMPAS KABUPATEN MANGGARAI TIMUR (FLORES-NTT)

NUR FAIDAH, NUR FAIDAH (2018) PERAN GANDA PEREMPUAN PEKERJA PENJUAL IKAN DALAM KELUARGA DI KELURAHAN POTA KECAMATAN SAMBI RAMPAS KABUPATEN MANGGARAI TIMUR (FLORES-NTT). S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
JURNA SKRIPSI.pdf

Download (120kB) | Preview

Tujuan penelitian: (1) Untuk mengetahui peran ganda perempuan pekerja dalam keluarga di Kelurahan Pota Kecamatan Sambi Rampas Kabupaten Manggarai Timur (FLORES-NTT); (2) Untuk mengetahui bagaimana peran ganda perempuan pekerja mengatur waktu dalam mengurus rumah (sektor domestik) dan melaksanakan perannya di luar rumah (sektor publik); (3) Untuk mengetahui dampak positif dan negatif dari peran ganda perempuan pekerja penjual ikan dalam keluarga. Jenis penelitian yang digunakan bersifat kualitatif dengan tipe deskriptif, melalui teknik pengambilan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan menggunakan teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan pengampilan kesimpulan. Dan juga teknik pengabsahan data yaitu member chek. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Peran ganda perempuan pekerja dalam keluarga di Kelurahan Pota sangat berperan penting sebagai pencari nafkah utama bagi keluarga. Hal tersebut dilatarbelakangi karena rendahnya penghasilan suami, tingginya tingkat kebutuhan hidup, besarnya tanggungan biaya pendidikan anak, dan suami yang hanya berdiam diri dirumah; (2) Perempuan pekerja mengatur waktu dalam mengurus rumah disektor domestik yaitu: Menyediakan makanan, memasak, menjaga kebersihan rumah, (seperti mencuci, menyapu, mengepel, dan merawat anak). Perempuan pekerja mengatur waktu diluar rumah disektor publik yaitu: Dapat membantu biaya pendidikan anaknya, membantu biaya kehidupan sehari-hari, dan meningkatkan status keluarga; (3) Adapun dampak dari peran ganda perempuan pekerja penjual ikan dalam keluarga, yang pertama dampak positifnya yaitu: Menambah penghasilan rumah, meningkatkan status keluarga, dan terbangun rasa saling pengertian antar anggota keluarga. Kedua, dampak negatif dari peran ganda perempuan pekerja penjual ikan dalam keluarga yaitu: Terjadinya perubahan kapasitas pekerjaan rumah, kurangnya perhatian kepada suami dan anak, waktu berkumpul dengan keluarga terbatas, dan waktu berkumpul dengan masyarakat terbatas.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Antropologi
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Aug 2018 03:45
Last Modified: 28 Aug 2018 03:45
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10490

Actions (login required)

View Item View Item