PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN INTEGRASI TUNANETRA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA BIDANG STUDI MATEMATIKA DI SMP HANG TUAH, KOTA MAKASSAR

Parwoto, Parwoto and Hafid, Hasaruddin and Mufa'adi, Mufa'adi (2004) PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN INTEGRASI TUNANETRA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA BIDANG STUDI MATEMATIKA DI SMP HANG TUAH, KOTA MAKASSAR. [Experiment]

[img]
Preview
Text
PENELITIAN 2.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
PEER REVIEWER LEMLIT 2004.pdf

Download (947kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bersifat kaji tindak berbasis kelas, tindakan berupa intervensi tugas guru pembimbing khusus, guru reguler dalam penyelenggaraan pendidikan integrasi tunanetra melalui pembelajaran matematika dengan pendekatan kooperatif di SMP Hang Tuah Makassar. Oleh karena itu guru mitra dan siswa akan terpengaruh oleh akibat dari perbaikan/tindakan yang dilaksanakan oleh guru mitra. Penelitian ini dilaksanakan selama 7 bulan dengan tiga siklus. Setiap siklus dilaksanakan selama 2 bulan dan diakhiri dengan pembahasan hasil tindakan. Hasil penelitian yang diperoleh dari 3 siklus penelitian ini adalah : 1) Ada peningkatan pemahaman dan motivasi kerja pada setiap siklus pada guru pembimbing khusus (GPK) dan guru reguler mengenai sistem pendidikan integrasi tunanetra melalui pembelajaran dengan pendekatan kooperatif, 2) Ada perubahan pemahaman sikap dan perlakuan guru reguler terhadap keberadaan siswa tunanetra di kelas integrasi dari sikap menolak atau merasa kasihan menjadi sikap wajar penuh pengertian terhadap kebutuhan siswa tunanetra secara individual, 3) Ada perubahan sikap awas terhadap siswa tunanetra, dari yang tadinya menolak dan mosi tidak percaya, menjadi sikap wajar dan menerima kehadiran siswa tunanetra ke dalam kelompok kerjanya, 4) Ada perubahan sikap dan kemandirian siswa tunanetra dalam lingkungan sekolah umum, dari sikap pesimis, ragu-ragu, tidak percaya diri menjadi sikap wajar, berani, dan mampu menyesuaikan diri dengan tuntutan lingkungan sosialnya, 5) Adanya peningkatan motivasi belajar baik siswa awas maupun siswa tunanetra melalui pembelajaran dengan pendekatan kooperatif dalam mata pelajaran matematika; dan 6) Adanya peningkatan pemahaman siswa melalui pembelajaran dengan pendekatan kooperatif mengenai nilai bekerjasama, saling menghargai, tolong menolong, menerima pendapat, dan menyadarkan tujuan belajar adalah milik bersama.

Item Type: Experiment
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Herling HR Sahade
Date Deposited: 24 Aug 2018 10:09
Last Modified: 09 Jan 2019 05:59
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10454

Actions (login required)

View Item View Item