Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Konsep Diri terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa MAN di Kota Makassar

ANUGRA, NOVIA (2018) Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Konsep Diri terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa MAN di Kota Makassar. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
BAB I.doc

Download (74kB)

Abstract

Abstrak NOVIA ANUGRA. 2018. Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Konsep Diri terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa MAN di Kota Makassar. (Dibimbing oleh Syamsul Bachri Thalib dan Firdaus Daud). Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto yang bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh langsung kecerdasan emosional terhadap motivasi belajar, (2) pengaruh langsung konsep diri terhadap motivasi belajar, (3) pengaruh langsung kecerdasan emosional terhadap hasil belajar biologi (4) pengaruh langsung konsep diri terhadap hasil belajar biologi, (5) pengaruh langsung motivasi belajar terhadap hasil belajar biologi (6) pengaruh tidak langsung kecerdasan emosional terhadap hasil belajar biologi melalui motivasi belajar. (7) pengaruh tidak langsung konsep diri terhadap hasil belajar biologi melalui moivasi belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA MAN di Kota Makassar. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA MAN di Kota Makassar yang berjumlah 573 siswa. Pengambilan sampel dengan cara Cluster random sampling sehingga diperoleh 236 sampel. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Kesimpulan dalam penelitian ini sebagai berikut. (1) Kecerdasan emosional berpengaruh positif secara langsung terhadap motivasi belajar. (2) Konsep diri berpengaruh positif secara langsung terhadap motivasi belajar. (3) Kecerdasan Emosional berpengaruh positif secara langsung terhadap hasil belajar biologi. (4) Konsep diri berpengaruh negatif secara langsung terhadap hasil belajar biologi. (5) Motivasi belajar berpengaruh positif secara langsung terhadap hasil belajar biologi. (6) Kecerdasan emosional berpengaruh positif secara tidak langsung terhadap hasil belajar biologi melalui motivasi belajar. (7) Konsep diri berpengaruh positif secara tidak langsung terhadap hasil belajar biologi melalui motivasi belajar. Kata Kunci: kecerdasan emosional, konsep diri, motivasi belajar, hasil belajar biologi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 24 Aug 2018 01:12
Last Modified: 24 Aug 2018 01:12
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10436

Actions (login required)

View Item View Item