PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO PRAKTIKUM PADA PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA STIKES MEGA REZKY MAKASSAR (STUDI PADA MATERI POKOK TITRASI ASAM BASA)

Bahar,, Hasrawati (2018) PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO PRAKTIKUM PADA PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA STIKES MEGA REZKY MAKASSAR (STUDI PADA MATERI POKOK TITRASI ASAM BASA). S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (86kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh video praktikum melalui model pembelajaran inkuiriterhadap pemahaman konsepdan hasil belajar mahasiswa Stikes Mega Rezky Makassarpada materi pokok titrasi asam basa. Desain penelitian Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester II Stikes Mega Rezky Makassar yang terdiri dari 5 kelas. Penentuan sampel dilakukan secara random kelas dan terpilih kelas A sebagai kelas eksperimen dan kelas B sebagai kelas kontrol. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes hasil belajar dan pemahaman konsep sebanyak 10 soal uraian yang terbagi menjadi 2 kode soal yang telah divalidasi. Teknik analisis data yaitu deskripsi hasil belajar dan pemahaman konsep serta pengujian hipotesis. Hasil penelitian diperoleh deskripsi rata-rata hasil belajar belajar dan pemahaman konsepmahasiswa untuk kelas eksperimen adalah 73,13 dan kelas kontrol adalah 65,75 dengan standar deviasi masing-masing 7,9 dan 6,25. Data persentasi rata-rata indikator pemahaman konsep mahasiswa pada kelas eksperimen sebesar 68,51 berada dalam kategori tinggi, sedangkan untuk kelas kontrol persentasi rata-rata indikator pemahaman konsep mahasiswasebesar 57,00 berada dalam kategori sedang. Hasil pengujian hipotesis dengan uji-t pada taraf signifikan, α = 0,05 diperoleh nilai thitung4,29> ttabel 1,666 menunjukkan hipotesis diterima, menyimpulkan bahwaterdapat pengaruh video praktikum melalui model pembelajaran inkuiriterhadap pemahaman konsep dan hasil belajar mahasiswa Stikes Mega Rezky Makassar. Kata Kunci: Inkuiri, Hasil Belajar, Pemahaman Konsep, Video Titrasi Asam Basa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN KIMIA - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 23 Aug 2018 06:43
Last Modified: 23 Aug 2018 06:43
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10406

Actions (login required)

View Item View Item