PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN SENI GRAFIS CETAK DATAR MEDIA KERTAS KARBON PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA KELAS IX DI SMP NEGERI 22 MAKASSAR

ZUBAIR, AHMAD (2018) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN SENI GRAFIS CETAK DATAR MEDIA KERTAS KARBON PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA KELAS IX DI SMP NEGERI 22 MAKASSAR. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL JURNAL AHMAD ZUBAIR 161051101001.pdf

Download (238kB) | Preview

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran seni grafis cetak datar media kertas karbon kelas IX untuk SMP/MTs di SMP Negeri 22 Makassar sebagai lokasi Penelitian yang memenuhi kriteria valid yang akan digunakan dalam pembelajaran berkarya seni grafis dan teknik modifikasi ditinjau dari aspek isi dan aspek tampilan. Komponen modul pembelajaran seni grafis cetak datar media kertas karbon untuk kelas IX SMP/MTs di SMP Negeri 22 Makassar terdiri dari modul pegangan guru dan modul pegangan peserta didik. Untuk menghasilkan modul pembelajaran seni grafis cetak datar media kertas karbon untuk kelas IX SMP/MTs di SMP Negeri 22 Makassar yang dinyatakan valid, Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah Model 4-D Thiagarajan. Model pengembangan 4-D yang terdiri atas empat tahapan, dan disederhanakan menjadi dua tahap yaitu, tahap perencanaan (Define) dan tahap perancangan (Design). Tahap pengembangan (Develop) hanya sebagian saja digunakan. Modul pengembangan seni grafis cetak datar media kertas karbon untuk kelas IX SMP/MTs di SMP Negeri 22 Makassar ini divalidasi oleh satu ahli kegrafikaan dan dua ahli materi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket untuk validator yang terdiri angket untuk ahli kegrafikaan dan angket untuk ahli materi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Data hasil penilaian modul pembelajaran terlebih dahulu dihitung secara kuantitatif kemudian diekuivalenkan menjadi data kualitatif. Hasil Penelitian menujukkan bahwa secara umum modul pembelajaran seni grafis cetak datar media kertas karbon untuk kelas IX SMP/MTs di SMP Negeri 22 Makassar ini yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria valid sehingga layak dilanjutkan dalam bentuk uji coba untuk mengukur kepraktisan dan keefektifan modul pembelajaran tersebut. Kata Kunci: modul pembelajaran, seni grafis, kertas karbon

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN SENI RUPA - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 21 Aug 2018 07:11
Last Modified: 21 Aug 2018 07:11
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10394

Actions (login required)

View Item View Item