Kontribusi kecepatan lari, kelincahan, dan kekuatan tungkai terhadap kemampuan menggiring bola dalam permainan sepakbola pada Mahasiswa FIK UNMKontribusi kecepatan lari, kelincahan, dan kekuatan tungkai terhadap kemampuan menggiring bola dalam permainan sepakbola pada Mahasiswa FIK UNM

BATAU, AHMAD HARYANTO (2018) Kontribusi kecepatan lari, kelincahan, dan kekuatan tungkai terhadap kemampuan menggiring bola dalam permainan sepakbola pada Mahasiswa FIK UNMKontribusi kecepatan lari, kelincahan, dan kekuatan tungkai terhadap kemampuan menggiring bola dalam permainan sepakbola pada Mahasiswa FIK UNM. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (185kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kontribusi kecepatan lari, kelincahan, dan kekuatan tungkai terhadap kemampuan menggiring bola dalam permainan sepakbola pada mahasiswa FIK UNM.Jenis Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif korelatif.Variabel penelitian terdiri atas variabel bebas yaitu kecepatan lari, kelincahan, dan kekuatan tungkai, sedangkan variabel terikatnya yaitu kemampuan menggiring bola.Populasi dalam penelitian ini adalah 50 Mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan dengan sampel penelitian 30 orang. Teknik penentuan sampel adalah dengan pemilihan secara acak dengan cara undian (simple random sampling). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi dan regresi dengan menggunakan sistem SPSS Versi 21.00 pada taraf signifikansi 95 % atau (α) = 0.05. Bertolah dari hasil analisis data, maka penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1). Ada kontribusi kecepatan lari dan kemampuan menggiring bola dalam permainan sepakbola pada Mahasiswa FIK UNM, terbukti dengan r hitung (ro) = 0,973 (P=0,000 <α:0,05) untuk nilai R kuadrat (koefesien determinasi) 0,946. Hal ini berarti kecepatan lari pada mahasiswa FIK UNMmempengaruhi 94,6% kemampuan menggiring bola;2).Ada kontribusi dan kemampuan menggiring bola dalam permainan sepakbola pada mahasiswa FIK UNM, terbukti dengan nilai r hitung0,959 (P=0,000 <α:0,05) untuk nilai R kuadrat (koefesien determinasi) 0,920. Hal ini berarti kelincahan pada mahasiswa FIK UNM mempengaruhi 92,0% kemampuan menggiring bola; 3). Ada kontribusi kekuatan tungkai dan kemampuan menggiring bola dalam permainan sepakbola pada mahasiswa FIK UNM, terbukti dengan nilai r hitung (ro) = 0,879 (P=0,000 <α:0,05) untuk nilai R kuadrat (koefesien determinasi) 0,773. Hal ini berarti kekuatan otot tungkai pada mahasiswa FIK UNM mempengaruhi 32,9% kemampuan menggiring bola; 4)Ada kontribusi kecepatan lari, kelincahan, kekuatan tungkai dan kemampuan menggiring bola dalam permainan sepakbola pada mahasiswa FIK UNM, terbukti dengan nilai r hitung (ro) = 0,984 (P=0,000 <α:0,05) untuk nilai R kuadrat (koefesien determinasi) 0,968. Hal ini berarti kecepatan lari, kelincahan, kekuatan tungkai pada mahasiswa FIK UNM mempengaruhi 96,8% kemampuan menggiring bola.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN > ILmu Keolahragaan
Divisions: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 21 Aug 2018 06:53
Last Modified: 21 Aug 2018 06:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10391

Actions (login required)

View Item View Item