Model Regresi Nonparametrik dengan Pendekatan Spline (Studi Kasus: Berat Badan Lahir Rendah di Rumah Sakit Ibu dan Anak Siti Fatimah Makassar)

Adawiyah, Rabiatul (2018) Model Regresi Nonparametrik dengan Pendekatan Spline (Studi Kasus: Berat Badan Lahir Rendah di Rumah Sakit Ibu dan Anak Siti Fatimah Makassar). Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
22 ARTIKEL.pdf

Download (770kB) | Preview

Abstract

Abstrak. Pendekatan nonparametrik merupakan suatu pendekatan yang digunakan apabila bentuk hubungan antara variabel respon dan variabel prediktornya tidak diketahui atau tidak adanya informasi mengenai bentuk fungsi regresinya. Spline merupakan suatu teknik yang dilakukan untuk mengestimasi parameter dalam regresi nonparametrik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model hubungan antara berat badan lahir rendah dan faktor-faktor yang mempengaruhi berdasarkan model spline. Faktor-faktor tersebut adalah usia ibu, usia kehamilan, dan jarak kehamilan. Data tersebut diperoleh dari rumah sakit ibu dan anak siti Fatimah Makassar tahun 2017. Dimana untuk mendapatkan model spline terbaik langkah awal yang dilakukan adalah menentukan knot dengan nilai Generalized Cross Validation (GCV) yang minimum. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dua variabel dinyatakan berpengaruh terhadap berat badan lahir rendah yaitu usia ibu, dan usia kehamilan. Model regresi nonparametrik dengan pendekatan Spline yang terbentuk memiliki koefisien determinasi sebesar 78,19%, serta nilai GCV dengan tiga titik knot yaitu 0.0117. Kata kunci: Regresi Nonparametrik, Spline, Berat Badan Lahir Rendah, Generalized Cross Validation

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 21 Aug 2018 06:46
Last Modified: 21 Aug 2018 06:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10389

Actions (login required)

View Item View Item