PENGARUH STIFIn (SENSING, THINGKING, INTUITING, FEELING) LEARNING GUIDANCE UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI SMP RAJAWALI MAKASSAR PROVINSI SULAWESI SELATAN

Pendy, Robertus (2018) PENGARUH STIFIn (SENSING, THINGKING, INTUITING, FEELING) LEARNING GUIDANCE UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI SMP RAJAWALI MAKASSAR PROVINSI SULAWESI SELATAN. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
0. JURNAL - susun.pdf

Download (245kB) | Preview

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) untuk mengetahui gambaran minat belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan teknik STIFIn Learning, (2) untuk mengetahui gambaran pelaksanaan teknik STIFIn Learning Guidance. (3). untuk mengetahui teknik STIFIn Learning Guidance meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian quasi eksperimen. Sampel penelitian ini adalah Siswa di SMP Rajawali Makassar Provinsi Sulawesi Selatan sebanyak 22 siswa terbagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu skala minat belajar sebanyak 30 item pernyataan. Teknik analasisi data menggunakanan analsis deskriptif, uji wilcoxon match pairs test dan gaing score. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) minat belajar pada kelompok eksperimen saat pretest rata 42,16% dan 61,94% saat posttest sedangkan pada kelompok kontrol saat pretest rata-rata 65,62% dan pada saat posttest 67,58%, (2) pelaksanaan teknik STIFIn Learning Guidance meliputi tahap persipaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi dan (3) teknik STIFIn (Sensing, Thingking, Intuiting, Feeling, Insting) Learning Guidance berpengaruh meningkatkan minat belajar siswa SMP Rajawali Makassar Provinsi Sulawesi Selatan. Kata kunci: STIFIn Learning Guidance, minat belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > BIMBINGAN DAN KONSELING - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 21 Aug 2018 05:05
Last Modified: 21 Aug 2018 05:05
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10385

Actions (login required)

View Item View Item