Marniati, Marniati (2018) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN WEBBED UNTUK MENINGKATKAN PENGENALAN ANGKA ANAK USIA DINI. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.
|
Text
Artikel marniati - Copy.pdf Download (278kB) | Preview |
Abstract
Abstrak: Tujuan Penelitian ini adalah (i) Mendeskripsikan tingkat kebutuhan pengembangan model pembelajaran webbed dalam meningkatkan pengenalan angka anak usia dini di Taman Kanak-Kanak Al Istiqamah Kelurahan Pampang Kecamatan Panakkukang Kota Makassar. (ii) Mengetahui bentuk desain (prototipe) pengembangan model pembelajaran webbed dalam meningkatkan pengenalan angka anak usia dini di Taman Kanak-Kanak Al Istiqamah Kelurahan Pampang Kecamatan Panakkukang Kota Makassar. (iii) Mengetahui analisis tingkat validitas dan kepraktisan model pembelajaran webbed dalam meningkatkan pengenalan angka anak usia dini di Taman Kanak-Kanak Al Istiqamah Kelurahan Pampang Kecamatan Panakkukang Kota Makassar. Jenis penelitian merupakan jenis penelitian dan pengembangan (research and development). Subjek penelitian adalah kelompok B sebanyak 15 orang anak. Tehnik analisis data yang dilakukan adalah menganalisis data secara gambaran deskriptif dan kepraktisan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) Tingkat kebutuhan pengembangan Pengembangan Model Pembelajaran Webbed Untuk Meningkatkan Pengenalan Angka Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Al Istiqamah Kelurahan Pampang Kecamatan Panakkukang Kota Makassar dapat digambarkan masih kurangnya pemahaman dari para pendidik akan pentingnya model pembelajaran webbed hal ini menunjukkan masih ditemukan anak didik yang tidak mencapai perkembangan pengenalan angka pada aspek kognitif yang optimal; (ii) Gambaran bentuk desain pembelajaran webbed untuk meningkatkan pengenalan angkaanak usia dini terdiri atas dua komponen yakni komponen filosofi model dan komponen pelaksanaan model. Komponen filosofi model meliputi rasionalitas, tujuan, peran guru dan dukungan sistem. Sementara komponen operasional model dijabarkan secara rinci pada semua jenis kegiatan dengan tema yang berbeda. Semua kegiatan yang dikemas dengan tujuan untuk meningkatkan pengenalan angka anak; (iii) Tingkat validitas isi dan kepraktisan pembelajaran webbed untuk meningkatkan pengenalan angka anak usia dini di Taman Kanak-Kanak Al Istiqamah Kelurahan Pampang Kecamatan Panakkukang Kota Makassar, menunjukkan bahwa penilaian validator dari semua perangkat yang telah disajikan dapat dinyatakan valid untuk digunakan dan pengembangan model pembelajaran webbed untuk meningkatkan pengenalan angka anak usia dini memenuhi aspek praktis sehingga layak digunakan. Kata kunci: Pembelajaran Webbed, Pengenalan Angka
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | PASCASARJANA |
Divisions: | PROGRAM PASCASARJANA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 20 Aug 2018 07:38 |
Last Modified: | 20 Aug 2018 07:38 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10370 |
Actions (login required)
View Item |