PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI KONSTRUKTIVISTIK BERBANTUAN KOMPUTER UNTUK SISWA SMA KELAS XI SEMESTER GENAP

Sunusi, Sabriani Tahir (2018) PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI KONSTRUKTIVISTIK BERBANTUAN KOMPUTER UNTUK SISWA SMA KELAS XI SEMESTER GENAP. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL SABRIANI TAHIR.doc

Download (651kB)

Abstract

Pengembangan Modul Biologi Konstruktivistik Berbantuan Komputer untuk Siswa SMA Kelas XI Semester Genap. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) yang bertujuan untuk mengembangkan modul biologi konstruktivistik berbantuan komputer untuk siswa SMA kelas XI semester genap yang bersifat valid, praktis dan efektif. Tahap penelitian dan pengembangan mengacu pada model pengembangan ADDIE yang terdiri atas 5 tahap yaitu: (1) analisis (Analyze)); (2) perancangan (Desaign); (3) pengembangan (Development); (4) implementasi (Implementation); dan (5) evaluasi (Evaluation). Instrumen penilaian terdiri atas tiga yaitu (1) instrumen kevalidan berupa instrumen penilaian kevalidan modul dan instrumen penilaian kevalidan angket, (2) instrumen kepraktisan berupa angket respon guru dan respon siswa terhadap modul serta lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan (3) instrumen keefektifan berupa angket afektif siswa dan tes evaluasi hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis data, diperoleh rata-rata kevalidan modul oleh dua validator ahli yaitu 4.3 Kepraktisan modul diperoleh dari respon guru sebesar 93.33% (sangat kuat) dan respon siswa sebesar 33.33% berada pada kategori sangat kuat dan 66.67% berada pada kategori kuat, sementara untuk hasil rata-rata total keterlaksanaan pembelajaran diperoleh sebesar 1.56 yang berada pada kategori terlaksana seluruhmya. Keefektifan modul diperoleh dari data afektif siswa sebesar 16.67% yang berada pada kategori sangat kuat dan 76.67% berada pada kategori kuat serta 86% siswa mencapai nilai ketuntasan belajar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul biologi konstruktivistik berbantuan komputer yang dikembangkan bersifat valid, praktis dan efektif. Kata Kunci: penelitian & pengembangan, modul, konstruktivistik, pembelajaran berbantuan komputer

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 20 Aug 2018 06:58
Last Modified: 20 Aug 2018 06:58
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10365

Actions (login required)

View Item View Item