Keefektifan Penerapan Metode Kooperatif Tipe Think Pair Share (Berpikir, Berpasangan, dan Berbagi) dalam Pembelajaran Menulis Puisi Baru pada Siswa Kelas X SMA Negeri 15 Bulukumba

Fitri, Sakinah (2013) Keefektifan Penerapan Metode Kooperatif Tipe Think Pair Share (Berpikir, Berpasangan, dan Berbagi) dalam Pembelajaran Menulis Puisi Baru pada Siswa Kelas X SMA Negeri 15 Bulukumba. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Fitri, Sakinah.docx

Download (13kB)

Abstract

ABSTRAK Sakinah Fitri. 2013. Keefektifan Penerapan Metode Kooperatif Tipe Think Pair Share (Berpikir, Berpasangan, dan Berbagi) dalam Pembelajaran Menulis Puisi Baru pada Siswa Kelas X SMA Negeri 15 Bulukumba (dibimbing oleh Mahmudah dan Johar Amir). Penelitian ini bertujuan: (1) mengkaji kemampuan menulis puisi baru khususnya puisi lirik dengan menerapkan metode kooperatif tipe Think Pair Share siswa kelas X SMA Negeri 15 Bulukumba; (2) mengkaji kemampuan menulis puisi baru khususnya puisi lirik dengan tidak menerapkan metode kooperatif tipe Think Pair Share (tetapi model sinektik) siswa kelas X SMA Negeri 15 Bulukumba; (3) mengkaji keefektifan penerapan metode kooperatif tipe Think Pair Share dalam pembelajaran menulis puisi baru khususnya puisi lirik siswa kelas X SMA Negeri 15 Bulukumba. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilakukan pada 30 siswa kelas XA sebagai kelompok eksperimen dan 30 siswa kelas XB sebagai kelas kontrol SMA Negeri 15 Bulukumba tahun pelajaran 2012-2013. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pretes dan postes kepada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan menggunakan tes penulisan puisi. Analisis data yang digunakan adalah uji t tes melalui program SPSS versi 17.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: hasil analisis tes akhir menunjukkan bahwa nilai rata-rata postes kelas kontrol berada pada kategori sedang dengan nilai rata-rata 73,2. Nilai pretes kelas kontrol yaitu 61,23 yang juga pada kategori sedang, tetapi dari frekuensi 14 orang siswa memeroleh nilai rendah setelah diberikan pretes tidak ada lagi siswa yang memeroleh nilai berkategori rendah, tetapi 23 orang memeroleh nilai berkategori sedang dan 7 orang berkategori tinggi. Nilai rata-rata postes siswa kelas eksperimen berada pada kategori tinggi dengan nilai 82,17. Perubahan nilai rata-rata kelas eksperimen mengalami perubahan yang signifikan karena nilai rata-rata pretes berada pada kategori sedang yaitu 64,47 dan setelah diberikan tindakan (treatment) nilai rata-rata postes siswa berada pada kategori tinggi yaitu 82,17. Ini berarti metode kooperatif tipe Think Pair Share (berpikir, berpasangan, dan berbagi) efektif diterapkan dalam menulis puisi baru khususnya puisi lirik siswa kelas X SMA Negeri 15 Bulukumba. Melalui hasil penelitian ini, penulis memberikan saran yaitu sebaiknya guru bahasa Indonesia lebih kreatif dalam mengembangkan kemampuan menulis puisi baru dengan metode pembelajaran yang lebih inovatif, dengan temuan hasil penelitian ini dapat dijadikan salah satu alternatif metode pembelajaran pada kemampuan menulis puisi baru khususnya puisi lirik; serta siswa hendaknya lebih giat berlatih membaca dan menulis puisi sehingga kemampuan menulis puisi dapat lebih meningkat. Selain itu, siswa hendaknya pula lebih menanamkan sifat kerja sama sebagai aplikasi metode kooperataif tipe think pair share karena hal ini sangat berguna dalam kehidupan, baik di sekolah maupun di lingkungan sekitar. ABSTRACT SAKINAH FITRI. 2013. The Effectiveness on the Implementation of Cooperative Method of Think-Pair-Share Type in Writing New Poetry of Grade X Students at SMAN 15 Bulukumba (supervised by Mahmudah and Johar Amir). The study aims at examining (1) writing skill of new poetry, particulary lyrics of poetry by implementing cooperative method of Think-Pair-Share type of grade X students at SMAN 15 Bulukumba, (2) writing skill of new poetry, particulary lyrics of poetry by not implementing cooperative method of Think-Pair-Share type (but synectic model) of grade X students at SMAN 15 Bulukumba, (3) the effectiveness on the implementation of cooperative method of Thin-Pair-Share type in writing new poetry, particulary the lyrics of poetry of grade X students at SMAN 15 Bulukumba. The study is an experiment research conducted at SMAN 15 Bulukumba to 30 grade XA students as the experiment group and 30 grade XB students as the control group of academic year 2012-2013. Techniques used in collecting the data were pretest and postest to the experiment group and the control group by employing written test of poetry. Data were analyzed by using t-test of SPSS program version 17.0. The result of the study reveal that the mean score of pretest at the control group was 61.23 or in fair category and the posttest score at the control group was 73.2 or in fair category as well; however, 14 students obtained low scores but improved, indicated by 23 students were in fair category and 7 students were in high category. The mean score of postest at the experiment group improved significantly, indicated by the pretest 64.47 or in fair category and the posttest showed 82.17 or in high category. Based on the results, the cooperative method of Think-Pair-Share type is effective to be used in writing new poetry, particulary the lyrics of poetry of grade X students at SMAN 15 Bulukumba. Suggestions based on the result of the study are teachers of Bahasa Indonesia should be creative in improving writing skill of new poetry using innovative learning method that the finding is one of learning method alternatives, particulary the lyrics improve their poetry writing skill. Moreover, students should instill partnership as an application of cooperative method of Think-Pair-Share type which is useful for them inside and outside of school’s environment.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Pendidkan
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 Oct 2016 00:40
Last Modified: 10 Oct 2016 00:40
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1036

Actions (login required)

View Item View Item