Peningkatan Pembelajaran Keterampilan Menulis Puisi berdasarkan Strategi Akrostik Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Unggulan Sengkang

Nurcaya, Nurcaya (2015) Peningkatan Pembelajaran Keterampilan Menulis Puisi berdasarkan Strategi Akrostik Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Unggulan Sengkang. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
baru.docx

Download (18kB)

Abstract

ABSTRAK NURCAYA. Peningkatan Pembelajaran Keterampilan Menulis Puisi berdasarkan Strategi Akrostik Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Unggulan Sengkang. (Dibimbing oleh St. Hawang Hanafie dan Akmal Hamsa). Penelitian tindakan kelas ini bertujuan mengkaji; (1) proses pelaksanaan strategi akrostik dalam pembelajaran menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Unggulan Sengkang, (2) peningkatan hasil pembelajaran menulis puisi melalui strategi akrostik siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Unggulan Sengkang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan penelitian tindakan kelas. Tindakan dilaksanakan selama dua siklus dengan rincian tiga kali pertemuan setiap siklus. Data penelitian berupa data proses diperoleh melalui teknik pengamatan dan data hasil menulis puisi diperoleh melalui teknik penugasan. Sumber data penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VIII SMP Negri 6 Unggulan Sengkang. Instrumen yang digunakan adalah pedoman pengamatan dan lembar penugasan. Penerapan strategi akrostik dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan pembelajaran keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Unggulan Sengkang. Terlihat dari aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I, aktivitas guru berada pada kategori baik. Pada siklus II, aktivitas guru mengalami peningkatan yaitu berada pada kategori sangat baik. Sedangkan persentase keaktifan aktivitas siswa juga mengalami peningkatan tiap pertemuan. Hasil menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Unggulan Sengkang mengalami peningkatan. Hal ini terbukti secara signifikan yaitu pada siklus I nilai rata-rata hasil menulis puisi yaitu 79.02, namun pada siklus II, nilai rata-rata hasil menulis puisi siswa meningkat menjadi 84.87. Oleh karena itu, pembelajaran keterampilan menulis puisi berdasarkan strategi akrostik siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Unggulan Sengkang dinyatakan berhasil dan menunjukkan peningkatan yang sangat signifikan. Kata Kunci: Strategi akrostik, puisi, peningkatan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Pendidkan
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 07 Oct 2016 06:38
Last Modified: 07 Oct 2016 06:38
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1034

Actions (login required)

View Item View Item