Analisis Faktor yang Mempengaruhi Minat Bisnis E-Commerce pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar

NINGSIH, IRMA AYU (2018) Analisis Faktor yang Mempengaruhi Minat Bisnis E-Commerce pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Jurnal.docx

Download (81kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat bisnis e-commerce pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan populasi penelitian adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar angkatan 2013-2016 dengan sampel sebanyak 100 orang dan pengambilan sampel secara sampel random stratifikasi proporsional. Pengumpulan data dilakukan dengan cara kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis keabsahan data yang terdiri dari; uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas dan analisis statistik data terdiri dari; regresi linier berganda, uji parsial dan uji simultan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Variabel ambisi kemandirian (X1) berpengaruh signifikan terhadap minat bisnis e-commerce. Hal ini ditandai dengan nilai t hitung variabel adalah 3,183 dengan tingkat signifikansi 0,002 yang berarti tingkat signifikansi <0.05. (2) Variabel realisasi diri (X2) tidak berpengaruh signifikan terhadap minat bisnis e-commerce. Hal ini ditandai dengan t hitung variabel adalah 1,799 dengan tingkat signifikansi 0,075 yang berarti tingkat signifikansi >0,05. (3) Variabel faktor pendorong tidak berpengaruh signifikan terhadap minat bisnis e-commerce. Hal ini ditandai dengan t hitung variabel adalah 0,859 dengan tingkat signifikansi 0,392 yang berarti tingkat signifikansi >0,05. (4) Dari hasil perhitungan didapat nilai F hitung sebesar 6,562 dengan probabilitas signifikansi 0,000. Hasil perhitungan nilai signifikansi F lebih kecil yakni 0,000 dibandingkan tingkat kepercayaan 0,05. Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima, artinya bahwa variabel ambisi kemandirian, realisasi diri dan faktor pendorong secara bersama-sama mempunyai pengaruh terhadap minat bisnis e-commerce.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Manajemen
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 16 Aug 2018 06:55
Last Modified: 16 Aug 2018 06:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10336

Actions (login required)

View Item View Item