Mengidentifikasi Miskonsepsi Logaritma Siswa SMA Kelas X

Anzar, Anzar (2018) Mengidentifikasi Miskonsepsi Logaritma Siswa SMA Kelas X. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
Artikel ilmiah.pdf

Download (505kB) | Preview

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi pada materi logaritma siswa SMA kelas X. Penelitian ini tergolong dalam penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMA kelas X yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkankan dengan metode pemberian tes diagnostik. Instrumen yang digunakan adalah soal pilihan ganda dengan empat pilihan jawaban. Siswa juga diminta untuk mengisi nilai CRI (Certainty of Response Index) sebagai tingkat keyakinan siswa atas jawaban yang dipilihnya. Kategori pemahaman siswa diperoleh dari kombinasi hasil tes diagnostik (benar atau salah) dengan nilai CRI (tinggi atau rendah). Hasil penelitian menjukkan bahwa Kategori pemahaman konsep pada materi logaritma siswa SMA kelas X paling tinggi ‎adalah kategori miskonsepsi. Miskonsepsi siswa pada materi logaritma masih terjadi ‎pada ‎setiap indikator. Persentase siswa ‎yang mengalami miskonsepsi paling ‎tinggi pada ‎indikator yang membahas tentang memahami nilai dari berbagai bentuk logaritma dan ‎mampu mengurutkan bilangan logaritma dari bilangan terkecil ke bilangan terbesar. ‎Adapun miskonsepsi paling rendah terjadi pada indikator yang membahas tentang ‎menggunakan sifat-sifat logaritma dalam menyelesaikan soal sederhana persamaan ‎logaritma.‎ Kata Kunci: Miskonsepsi, Logaritma, CRI (Certainty of Response Index)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 16 Aug 2018 06:10
Last Modified: 16 Aug 2018 06:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10332

Actions (login required)

View Item View Item