EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP HASIL BELAJAR PERMAINAN SEPAK BOLA SISWA KELAS XI KRAMIK SMK NEGERI 2 SOMBA OPU KAB.GOWA

Anwar, Anwar (2018) EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP HASIL BELAJAR PERMAINAN SEPAK BOLA SISWA KELAS XI KRAMIK SMK NEGERI 2 SOMBA OPU KAB.GOWA. S1 thesis, FIK.

[img] Text
JURNAL SEPAK BOLA SEBAGAI OLAHRAGA TERPOPULAR DI DUNIA.docx

Download (19kB)

Anwar, 2018. Efektifitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Team Achievement Division) Terhadap Hasil Belajar Permainan Sepak Bola Siswa Kelas Xi Kramik Smk Negeri 2 Somba Opu Kab.Gowa. Skripsi Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Makassar dibimbing oleh Prof. Dr. Hj. Hasmyati, M.Kes dan Muh. Adnan Hudain, S.Pd.,M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Bagaimana gambaran deskriptif hasil belajar pendidikan jasmani siswa kelas XI Kramik SMK Negeri 2 Somba Opu Kabupaten Gowa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) dan pembelajaran langsung , 2) Apakah terdapat perbedaan efektivitas hasil belajar pendidikan jasmani siswa kelas XI Kramik SMK Negeri 2 Somba Opu Kabupaten Gowa antara yang diajar dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) dengan yang diajar menggunakan pengajaran langsung? Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis deskriptif dengan populasi dan sampel berjumlah 32 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument yang digunakan, tekhnik pelaksanaan dan dokumentasi. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah analisis statistika deskriptif dan analisis statistika inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1)Hasil belajar Pendidikan Jasmani siswa kelas DKV XI dan XI KRAMIK SMK NEGRI 2 SOMBA OPU yang diajar dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD berada dalam kategori sangat tinggi dan pembelajaran langsung berada dalam kategori tinggi. 3) Hasil belajar Pendidikan Jasmani siswa yang diajar dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih efektif dibandingkan dengan hasil belajar Pendidikan Jasmani siswa yang diajar dengan pembelajaran langsung.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN > ILmu Keolahragaan
Divisions: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 16 Aug 2018 03:29
Last Modified: 16 Aug 2018 03:29
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10311

Actions (login required)

View Item View Item