PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SDN. 5 LEMBANG CINA KABUPATEN BANTAENG

Umry,, Aryani (2018) PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SDN. 5 LEMBANG CINA KABUPATEN BANTAENG. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Artikel Pelaksanaan Pendidikan Karakter.docx

Download (75kB)

Abstract

IMPLEMENTATION OF CHARACTER EDUCATION IN SDN. 5 LEMBANG CINA BANTAENG DISTRIC Program Studi Administrasi Pendidikan Kekhususan Pendidikan Dasar Program Pascasarjana, Universitas Negeri Makassar Makassar, Indonesia Aryaniumry425@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Obyek penelitian adalah kepala sekolah, guru dan peserta didik. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian peneliti, pedoman wawancara, pedoman observasi dan pedoman dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Strategi pelaksanaan pendidikan karakter di SDN. 5 Lembang Cina Kabupaten Bantaeng adalah berbasis kelas, berbasis budaya sekolah, dan berbasis pengembangan diri, (2) Proses pelaksanaan pendidikan karakter di SDN. 5 Lembang Cina Kabupaten Bantaeng terlaksana melalui; (a) mengintegrasikan nilai-nilai pendidikan karakter melalui mata pelajaran dan manajemen kelas; (b) Mengintegrasikan nilai-nilai karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler; (c) Mengintegrasikan nilai-nilai karakter melalui budaya sekolah, (3) faktor pendukungnya adalah komitmen dan kerjasama antara komunitas sekolah, sarana dan prasarana untuk melaksanakan pendidikan karakter. Faktor penghambatnya adalah pengaruh lingkungan, komunikasi antara pihak sekolah dengan orang tua, kurangnya kesadaran peserta didik tentang pendidikan karakter. Kata kunci: sekolah dasar, pendidikan karakter

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > IPS Kekhususan Pend. ke SD AN s2
PASCASARJANA > IPS Kekhususan Pend. ke SD AN s2
PASCASARJANA > IPS Kekhususan Pend. ke SD AN s2
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 16 Aug 2018 02:59
Last Modified: 16 Aug 2018 02:59
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10303

Actions (login required)

View Item View Item