Pengembangan Bahan Ajar IPS Berbasis Macromedia Flash dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar

PADA, AMIR (2018) Pengembangan Bahan Ajar IPS Berbasis Macromedia Flash dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. S2 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Jurnal.pdf

Download (328kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK AMIR PADA. Pengembangan Bahan Ajar IPS Berbasis Macromedia Flash dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar, (Dibimbing oleh Promotor Alimuddin Mahmud dan Kopromotor Abdul Haling). Masalah pelaksanaan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) cenderung masih menggunakan pendekatan tradisional yang sifatnya konvensional, kurang mendayagunakan bahan ajar berbasis macromedia flash sasaran pencapaian cenderung hanya pada aspek kognitif dan mengabaikan keterampilan-keterampilan sosial, belum memberi kesempatan maksimal kepada murid untuk mengembangkan kreativitasnya, sehingga minat belajar siswa masih kurang dan belum mencapai pada kategori praktis. Konsekuensinya, siswa belajar merasa bosan terhadap materi pelajaran IPS yang berakibat rendahnya kualitas luaran sekolah dan rendahnya mutu pendidikan. Tujuan penelitian untuk menghasilkan bahan ajar IPS berbasis macromedia flash bagi murid sekolah dasar yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian adalah pengembangan (research and development) dengan prosedur kerja, yaitu: (1) pengumpulan informasi awal, (2) perancangan, (3) pengembangan, (4) penyebarluasan dan implementasi. Produk bahan ajar IPS berbasis macromedia flash dan perangkatnya. Penilaian produk dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu penilaian kesahihan, kepraktisan, dan keefektifan. Subjek uji-coba lapangan adalah guru dan murid VI SDN 84, SDN 80 dan SDN. 16 Kota Parepare. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian adalah:a) mengetahaui gambaran kebutuhan pengembangan bahan ajar IPS berbasis macromedia flash, yaitu: (1) Bencana alam gempa bumi; (2) Bencana alam tsunami; (3) Bencana alam banjir; (4) Bencana alam gunung meletus; (5) Bencana alam kebakaran hutan; dan (6) Bencana alam tanah longsor. Produk bahan ajar Ilmu Pengetuhan Sosial berbasis macromedia flash yang telah dikemas dalam bentuk CD dikembangkan dengan tahapan define, desain, pengembangan, dan penyebaran. b) Hasil validasi produk bahan ajar IPS berbasis macromedia flash dan perangkatnya adalah “sangat valid” dan sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan murid sekolah dasar. c) Tanggapan guru terhadap produk bahan ajar IPS berbasis macromedia flash berada pada kategori “sangat baik”. Hasil pengujian lapangan, hasil produk bahan ajar Ilmu Pengetahuan Sosial terhadap sasaran didik menunjukkan bahwa respon murid terhadap penggunaan bahan ajar IPS berbasis macromedia flash berada pada kategori “sangat baik” dan minat belajar siswa terhadap pembelajaran IPS dengan menggunakan bahan ajar berbasis macromedia flash berada pada kategori “sangat tinggi”. Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan bahan IPS berbasis macromedia flash adalah valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa sekolah dasar. Kunci : Pengembangan, Bahan Ajar IPS, Macromedia Flash, Minat Belajar. ABSTRACT AMIR PADA. Development Materials Teach IPS Base on Macromedia Flash in Improving Enthusiasm Learn Students Elementary School, Guided by Promotor Alimuddin Mahmud and Kopromotor Abdul Haling. Execution problem study of Social Science ( IPS) tend to still use conventional traditional approach in character, less teaching materials mendayagunakan base on attainment target flash macromedia tend to only at cognate aspect and disregard social skill, not yet given maximal opportunity to pupil to develop its creativity, so that enthusiasm learn student still less and not yet reached at practical category. Its consequence, student learn to go against the stomach to items Iesson of IPS causing to lower nya of quality of exterior go to school and lower nya quality of education. Target of research to yield materials teach IPS base on flash macromedia to valid base schoolboy, practical, and effective. Research type is development ( development and research) with working procedure, that is: ( 1) gathering of information early, ( 2) scheme, ( 3) development, ( 4) implementation and dissemination. Materials product teach IPS base on flash macromedia and his peripheral. assessment of Product pass/through three step, that is assessment of kesahan, practical, and effectiveness. Test-Driving field Subjek is VI SDN pupil and teacher 84, SDN 80 and SDN. 16 Town Parepare. Analysis Data conducted by using descriptive analysis. Result of research adalah: a) picture mengetahaui requirement of materials development teach IPS base on flash macromedia, that is: ( 1) Natural disaster earthquake; ( 2) Natural disaster tsunami; ( 3) Natural disaster floods; ( 4) Natural disaster mount erupt; ( 5) Natural disaster forest fire; and ( 6) Natural disaster landslide. Materials product teach Social Science Pengetuhan base on flash macromedia which have tidy in the form of CD developed with define step, desain, development, and spreading. b) Result of materials product validasi teach IPS base on flash macromedia and its peripheral is " very valid" and as according to and characteristic requirement of elementary schoolboy. c) Comments learn to materials product teach IPS base on flash macromedia reside in at category " very good". Result of examination of field, result of materials product teach Social Science to target educated to indicate that pupil respon to use of materials teach IPS base on flash macromedia reside in at category " very good" and enthusiasm learn student to study of IPS by using teaching materials base on flash macromedia reside in [at] category " very high". Thereby result of this research indicate that use of IPS materials base on flash macromedia is is valid, effective and practical in improving enthusiasm learn elementary school student. Key : Development, Materials Teach IPS, Macromedia Flash, Enthusiasm Learn.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > ILMU PENDIDIKAN - (S3)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 15 Aug 2018 05:50
Last Modified: 15 Aug 2018 05:50
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10264

Actions (login required)

View Item View Item