HUBUNGAN ANTARA FAKTOR KEPRIBADIAN BIG FIVE DENGAN SHYNESS PADA MAHASISWA BARU UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

M., Yusmita (2018) HUBUNGAN ANTARA FAKTOR KEPRIBADIAN BIG FIVE DENGAN SHYNESS PADA MAHASISWA BARU UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
KUMPULAN JURNAL.pdf

Download (3MB) | Preview

HUBUNGAN ANTARA FAKTOR KEPRIBADIAN BIG FIVE DENGAN SHYNESS PADA MAHASISWA BARU UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR Yusmita. M (Yusmitaa25@gmail.com) Sitti Murdiana (sittimurdiana@gmail.com) Ahmad Ridfah (ahmad.ridfah@unm.ac.id) Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar Jl. A. P. Pettarai Makassar, 90222 ABSTRAK Mahasiswa baru yang berada pada masa transisi akan mengalami perubahan lingkungan yang akan menyebabkan mereka akan sulit berosialisasi apabila mengalami shyness. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara faktor kepribadian big five dengan shyness pada mahasiswa baru. Subjek penelitian dalam penelitian ini berjumlah 378 orang mahasiswa baru Universitas Negeri Makassar. Teknik pengambilan sampel dalam penelitan ini adalah cluster sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tipe kepribadian extraversion memiliki hubungan dengan shyness (r= -0,396, p= 0,000), tipe kepribadian agreeableness memiliki hubungan dengan shyness (r=0,393, p= 0,000) tipe kepribadian conscienstiousness memiliki hubungan dengan shyness (r=0,160, p=0,002), tipe kepribadian neuroticsm tidak memiliki hubungan dengan shyness (r=0,96, p= 0,061), dan tipe kepribadian openness to experience memiliki hubungan dengan shyness (r=0,219, p=0,000). Penelitian ini dapat menjadi masukan bahwa shyness yang dialami mahasiswa dapat dilihat dari tipe kepribadian yang dimiliki. Kata Kunci: Shyness, Big Five, Mahasiswa Baru.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PSIKOLOGI
Divisions: FAKULTAS PSIKOLOGI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 15 Aug 2018 05:44
Last Modified: 15 Aug 2018 05:44
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10259

Actions (login required)

View Item View Item