EFEKTIVITAS TRAINING ATTENTION UNTUK MENINGKATKAN SELECTIVE ATTENTION DAN SUSTAINED ATTENTION ANAK ADHD

Nurdiani, Nurdiani (2018) EFEKTIVITAS TRAINING ATTENTION UNTUK MENINGKATKAN SELECTIVE ATTENTION DAN SUSTAINED ATTENTION ANAK ADHD. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
3. JURNAL PDF NURDIANI.pdf

Download (10MB) | Preview

EFEKTIVITAS TRAINING ATTENTION UNTUK MENINGKATKAN SELECTIVE ATTENTION DAN SUSTAINED ATTENTION ANAK ADHD Nurdiani (nurdiani115@yahoo.com) Widyastuti (widya_prasthya@yahoo.com) Lukman (l_nadjamuddin@yahoo.com) Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar. JL. A. P. Pettarani, Makassar, 90222 ABSTRAK Anak ADHD kesulitan memusatkan perhatian (selective attention) dan mempertahankan fokus (sustained attention), sehingga memiliki kesulitan dalam kegiatan pembelajaran. Training attention merupakan bentuk penanganan bagi anak ADHD dengan memberikan tugas terstruktur secara berulang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas training attention untuk meningkatkan selective attention dan sustained attention pada anak ADHD. Subjek penelitian berjumlah 2 anak yang menyandang ADHD. Rancangan penelitian yang digunakan adalah single-case experimental design A-B-A-B. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis visual inspection. Hasil penelitian menunjukkan bahwa training attention efektif meningkatkan selective attention dan sustained attention anak ADHD. Penelitian ini berimplikasi bagi guru dan orangtua agar melakukan training attention untuk meningkatkan attention pada anak ADHD. Kata kunci: Training attention, selective attention, sustained attention, anak ADHD

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PSIKOLOGI
Divisions: FAKULTAS PSIKOLOGI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 15 Aug 2018 04:14
Last Modified: 15 Aug 2018 04:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10248

Actions (login required)

View Item View Item