HUBUNGAN ANTARA HARGA DIRI DAN MOTIF BEROLAHRAGA RUTIN DENGAN BODY DISSATISFACTION PADA PEREMPUAN DI FITNESS CLUB CENTRE

Isnaeni, Rizki (2018) HUBUNGAN ANTARA HARGA DIRI DAN MOTIF BEROLAHRAGA RUTIN DENGAN BODY DISSATISFACTION PADA PEREMPUAN DI FITNESS CLUB CENTRE. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

Full text not available from this repository.

HUBUNGAN ANTARA HARGA DIRI DAN MOTIF BEROLAHRAGA RUTIN DENGAN BODY DISSATISFACTION PADA PEREMPUAN DI FITNESS CLUB CENTRE Rizki Isnaeni (isnaeni.rizki@yahoo.com) Asmulyani Asri (nining.cadi@yahoo.com) Nur Fitriany Fakhri (fififakhri@gmail.com) Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar JL. A.P. Pettarani Makassar, 90222 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara harga diri dan motif berolahraga rutin dengan body dissatisfaction pada perempuan di fitness club centre. Subjek yang dilibatkan dalam penelitian ini berjumlah 60 orang (N=60) perempuan yang merupakan member aktif Diva fitness centre. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik multiple regression pada subjek yang diambil secara systimatic random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif antara harga diri dan motif berolahraga rutin dengan body dissatisfaction pada perempuan, dengan koefisien korelasi -0,461 dan nilai signifikansi sebesar 0,001 (p<0,01). Hasil sumbangan efektif sebesar 0,215 yang berarti pengaruh semua variabel independen terhadap nilai variabel dependen sebesar 21%, yang berarti terdapat 79% faktor lain yang dapat memengaruhi body dissatisfaction, seperti gender, faktor genetik, faktor psikologis, faktor sosial dan budaya, faktor ekonomi, dan profesi atau karir. Penelitian ini memberikan informasi yang bermanfaat bagi perempuan agar lebih percaya diri dengan keadaan fisik yang dimiliki serta tidak perlu mengubah atau menutupi keadaan fisik yang mulai berubah karena setiap perubahan tubuh merupakan hal yang akan dialami oleh semua orang, serta mengurangi pikiran dan perasaan negatif tentang perubahan tubuh yang dialami. Kata kunci: Harga diri, Motif berolahraga rutin, Body dissatisfaction, Perempuan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PSIKOLOGI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 15 Aug 2018 04:07
Last Modified: 15 Aug 2018 04:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10246

Actions (login required)

View Item View Item