Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kreatif Anak Usia Dini Berbasis Kewirausahaan di Taman Kanak Kanak Khalifah Kota Makassar

Nurahidaya Salam, A. Rezki (2015) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kreatif Anak Usia Dini Berbasis Kewirausahaan di Taman Kanak Kanak Khalifah Kota Makassar. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
A. Rezky Nurhidayah Salam.docx

Download (16kB)

Abstract

ABSTRAK A. REZKY NURHIDAYAH SALAM. 2013. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kreatif Anak Usia Dini Berbasis Kewirausahaan di Taman Kanak Kanak Khalifah Kota Makassar. (dibimbing oleh Muhammad Jufri dan Abdullah Sinring). Penelitian dilatarbelakangi oleh masalah pembelajaran yang dilakukan oleh guru selama ini dalam proses belajar mengajar tidak memiliki pegangan buku petunjuk kreatif berbasis kewirausahaan, bahan pembelajaran yang digunakan belum dilengkapi komponen-komponen yang dapat memudahkan peserta didik belajar, dan penanaman kepada peserta didik pentingnya kedisiplinan, tanggung jawab, kepemimpinan, kreatif, kerja keras, jujur, dan kemandirian. Dengan demikian salah satu faktor yang penting untuk mencapai tujuan pendidikan PAUD adalah pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan perangkat pembelajaran kreatif berbasis kewirausahaan. Perangkat pembelajaran kreatif berbasis kewirausahaan ini bisa membantu guru dalam proses pembelajaran di kelas dengan lebih terarah dan sebagai pegangan bagi guru, memotivasi guru untuk lebih mengembangkan perangkat pembelajaran kedepannya, dan dapat menjadi dasar guru menyusun rencana kegiatan harian dan buku pedoman pembelajaran untuk sekolah. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model Thiagarajan atau Model 4-D yang terdiri atas empat tahap yaitu tahap pembatasan (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Perangkat pembelajaran kreatif berbasis kewirausahaan yang telah dikembangkan, telah divalidasi oleh pakar dan telah mengalami revisi sehingga didapatkan hasil yang layak digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran kreatif berbasis kewirausahaan bersifat valid, praktis, dan efektif. Perangkat pembelajaran dikatakan telah memenuhi kriteria kevalidan meliputi spesifikasi rencana kegiatan harian dan buku pedoman pembelajaran kreatif berbasis kewirausahaan masing-masing berada pada kategori "Valid" dan perangkat pembelajaran dikatakan efektif karena telah memenuhi kriteria keefektifan. Untuk penilaian oleh guru terhadap perangkat pembelajaran kreatif yang dikembangkan sudah memenuhi kategori positif yaitu baik. Berdasarkan kriteria respon guru dengan penilaian. Hasil penilaian guru memberikan respon positif baik yaitu 100% sehingga dapat dikatakan efektif jika ≥80% guru memberikan respon positif baik. ABSTRACT A.REZKY NURHIDAYAH SALAM. 2013. The Development Of Entrepreneurship-Based Creative Learning Tools For Early Childhood Education. (Advised by Muhammad Jufri and Abdullah Sinring). This research is motivated by learning problems which are done by the teachers during teaching-learning process. The teachers do not own handbook of the entrepreneurship-based creative as a guide and the instructional materials have not been equipped the components which are able to facilitate students to learn, then implant the students about the important of discipline, responsibility, leadership, creativity, working hard, honestly, and self-outonomy. therefore, one of the important factors to achieve the goal of early childhood education is learning by using the development of entrepreneurship-based creative learning tools. The development of entrepreneurship-based creative learning tools can help the teacher in teaching process in the classroom; learnig is more focused, as teachers’ guidelines, teachers’ motivation to devevalop learnig tools in the future, to be guidelines for teachers to arrage daily activities, and teaching handbook for school. Model of developing which is used in this reseach is thiagarajan model or it is called model 4-D, it consists of four step namely; (1) define, (2) design, (3) devalop, and (4)disseminate.the development of entrepreneurship-based creative learning tools is developed has been valided and revised by the experts. Thus, its result can be used as well as possible. The research finding shows that the devalopment of entrepreneurship-based creative learning tools are valid and effective. Learning tools have fulfiled the validation criteria inculding, the specification of the planning of daily activity and each handbook of Entrepreneurship-based creative learning is included validation categorized. Learning tools are effective because they include the criteria of effectiveness. Teachers’ assessment toward learning tools are developed have been positive categorized (good). Based on the criteria of teachers’ responses the assessment is effective because ≥80% teachers gave the good responses namely 100% teachers.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 07 Oct 2016 02:32
Last Modified: 07 Oct 2016 02:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1024

Actions (login required)

View Item View Item