Hubungan Antara Koordinasi Mata – Kaki, Kelincahan Dan Kelentukan Dengan Kemampuan Passing Bola Dalam Permainan Sepakbola Murid SDN 36 Buntu Lamba Kecamatan Malua Kabupaten Enrekang

VAHLEVI, BHATARA RHESYAH (2018) Hubungan Antara Koordinasi Mata – Kaki, Kelincahan Dan Kelentukan Dengan Kemampuan Passing Bola Dalam Permainan Sepakbola Murid SDN 36 Buntu Lamba Kecamatan Malua Kabupaten Enrekang. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL.docx

Download (98kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui Hubungan Koordinasi Mata – Kaki, Kelincahan dan Kelentukan Dengan Kemampuan Passing bola dalam permainan sepakbola siswa SDN 36 Buntu Lamba Kecamatan Malua Kabupaten Enrekang. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa SDN 36 Buntu Lamba Kecamatan Malua Kabupaten Enrekang dengan subjek penelitian 30 siswa yang dipilih secara random sampling atau system acak. Dalam penelitian ini memakai instrument tes antara lain tes koordinasi mata – kaki menggunakan tes Mitcel Soccer Test, tes kelincahan ( Aglity) menggunakan DoggingRunTest, tes kelentukan menggunakan tes Tes Front-to-Rear-Split, dan tes passing bola menggunakan tes Tes Passing dan Stopping. Tes analisis data yang digunakan adalah teknik analisis uji deskriptif, uji normalitas, uji linieritas, uji kolerasi ganda dan regresi ganda dengan menggunakan system SPSS Versi 24.00 pada taraf signifikansi 95% atau α0,05. Bertolak dari hasil analisis data, maka penelian ini menyimpulkan bahwa:(1)koordinasi mata kaki memiliki hubungan yang signifikandengan kemampuan passing bola kaki pada Siswa SDN 36 Buntu Lamba Kecamatan Malua Kabupaten Enrekang,diperoleh nilai r hitung (r) sebesar = 0,843 (Pvalue < 0,05), maka H0 ditolak dan H1 diterima; (2) kelincahan memiliki hubungan yang signifikan dengan kemampuan passing bola kaki pada Siswa SDN 36 Buntu Lamba Kecamatan Malua Kabupaten Enrekang,diperoleh nilai r hitung (r) sebesar = 0,852 (Pvalue < 0,05), maka H0 ditolak dan H1 diterima; (3)kelentukan memiliki hubungan yang signifikandengan kemampuan passing bola kaki pada Siswa SDN 36 Buntu Lamba Kecamatan Malua Kabupaten Enrekang,diperoleh nilai r hitung (r) sebesar = 0,879 (Pvalue < 0,05), maka H0 ditolak dan H1 diterima; (4) koordinasi mata kaki, kelincahan, dan kelentukan memiliki hubungan yang signifikanterhadap kemampuan passing bola kaki pada siswa SDN 36 Buntu Lamba Kecamatan Malua Kabupaten Enrekang,diperoleh nilai r hitung (R) = 0,940, setelah dilakukan uji signifikan atau uji keberartian korelasi ganda dengan menggunakan uji F regresi diperoleh nilai F hitung = 65,327 dengan tingkat signifikan 0,000. Oleh karena nilai probabilitas (0,000) jauh lebih kecil dari 0,05 ( P<0,05 ), maka model regresi dapat digunakan untuk memprediksikan kemampuan passing bola kaki (dapat diberlakukan untuk populasi dimana sampel diambil ). Maka H0 ditolak dan H1 diterima atau koefisien regresi signifikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
Divisions: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 15 Aug 2018 03:00
Last Modified: 15 Aug 2018 03:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10231

Actions (login required)

View Item View Item