EFEKTIFITAS PENGGUNAAN SISTEM INFOMASI AKADEMIK PADA PRODI PENDIDIKAN SOSIOLOGI FAKULTAS ILMU SOSIAL UNM

Khairunizha, Khairunizha (2018) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN SISTEM INFOMASI AKADEMIK PADA PRODI PENDIDIKAN SOSIOLOGI FAKULTAS ILMU SOSIAL UNM. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (119kB) | Preview

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektifitas penggunaan sistem informasi akademik di prodi pendidikan sosiologi fakultas ilmu sosial UNM dan apa dampak yang ditimbulkan dari kualitas interaksi antara dosen dan mahasiswa pada prodi pedidikan sosiologi FIS UNM. Jumlah informan dalam penelitian sebanyak 14 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria mahasiswa pendidikan sosiologi angkatan 2015 dan 2016 yang aktif dalam menggunakan sistem informasi akademik. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengabsahan data yang dilakukan peneliti adalah member check agar informasi yang diperoleh sesuai penulisan laporan dengan informan atau data yang dimaksud. Analisis data ini diolah secara deskriptif kualitatif dimana peneliti merangkum, memilih dan memfokuskan pada hal penting atau mereduksi data setelah itu penyajian data dilakukan dalam bentuk uraian singkat kemudian penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1). Penggunaan sistem informasi akademik pada program studi pendidikan sosiologi fakultas ilmu sosial UNM itu sudah di kategorikan efektif, presepsi ini didasarkan pada proses sistem informasi akademik yang seajalan dengan pelayanan akademik. pelayanan akademik yang dimaksud dalam hal ini adalah pelayanan penyajian informasi. Disamping itu berdasarkan hasil pengamatan dan penelitian dapat disimpulkan bahwa fokus penelitian telah terjawab dengan memperhatikan beberapa indikator diantaranya 1. Mampu memberikan informasi tentag akademik dengan cepat. 2. Memudahkan dalam berinteraksi antara dosen dan mahasiswa. 3 .memperlancar dan mempermudah dalam mendapatkan informasi tentang kampus. Indikator tersebut sudah telah berjalan dengan baik dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku sehingga menjamin ketersediaan informasi pada program studi pendidikan sosiologi fakultas ilmu sosial UNM. 2). Adapun dampak yang ditimbulkan antara interaksi dosen dan mahasiswa yaitu dampak positifnya kemudahan dan mempercepat dalam berinteraksi menggunakan sistem informasi akademik. dampak negatifnya yaitu Kurang peduli dengan lingkungan sekitarnya, kecenderungan menjadikan mahasiswa malas dalam beraktifitas di kampus dikarena sistem informasi akademik online yang dalam bentuk web bisa diakses dimana saja.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Sosiologi
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 15 Aug 2018 02:51
Last Modified: 15 Aug 2018 02:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10228

Actions (login required)

View Item View Item