HUBUNGAN ANTARA KOORDINASI MATA-TANGAN DAN KESEIMBANGAN DENGAN KEMAMPUAN PASSING BAWAH DALAM PERMAINAN BOLAVOLI PADA MURID SD INPRES BTN IKIP II MAKASSAR

DWITIRTA B, DITA (2018) HUBUNGAN ANTARA KOORDINASI MATA-TANGAN DAN KESEIMBANGAN DENGAN KEMAMPUAN PASSING BAWAH DALAM PERMAINAN BOLAVOLI PADA MURID SD INPRES BTN IKIP II MAKASSAR. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
jurnal.docx

Download (482kB)

Abstract

Dita Dwitirta B 2018. Hubungan Antara Koordinasi Mata Tangan dan Keseimbangan dengan Kemampuan Passing Bawah dalam Permainan Bolavoli pada Murid SD Inpres BTN IKIP II Makassar, Universitas NegeriMakassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara koordinasi mata tangan dan keseimbangan dengan kemampuan passing bawah dalam permainan bolavoli. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan dua variable bebas yaitu koordinasi mata tangan dan keseimbangan dengan satu variable terikat yaitu kemampuan passing bawah. Populasi penelitan ini adalah murid SD Inpres BTN IKIP II Makassar. Teknik penentuan sampel dengan menggunakan sampel jenuh yang artinya seluruh populasi terjangkau dijadikan sampel sampel yang berjumlah sebanyak 30 murid putra kelas V SD Inpres BTN IKIP II Makassar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis koefisien korelasi pada taraf signifikan 0,05, dengan menggunakan bantuan computer melalui program SPSS. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil: (1) Ada hubungan yang signifikan antara koordinasi mata tangan dengan kemampuan passing bawah dalam permainan bolavoli pada Murid SD Inpres BTN IKIP II Makassar dengan nilai r sebesar 0,716 (Pvalue< α 0.05); (2) Ada hubungan yang signifikan antara keseimbangan dengan kemampuan passing bawah dalam permainan bolavoli pada Murid SD Inpres BTN IKIP II Makassar dengan nilai r sebesar 0,713 (Pvalue< α 0.05); (3) Ada hubungan yang signifikan antara koordinasi mata tangan dan keseimbangan secara bersama-sama dengan kemampuan passing bawah dalam permainan bolavoli pada Murid SD Inpres BTN IKIP II Makassar dengan nilai (R) sebesar 0,771 (Pvalue< α 0.05); dan nilai Fhitung (F) sebesar 19,828.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
Divisions: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 15 Aug 2018 01:49
Last Modified: 15 Aug 2018 01:49
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10216

Actions (login required)

View Item View Item