HUBUNGAN KELINCAHAN DAN KESEIMBANGAN TERHADAP KECEPATAN TENDANGAN SABIT CABANG OLAHRAGA PENCAK SILAT SMA NEGERI 2 SINJAI SELATAN

WAHYUDIN, WAHYUDIN (2018) HUBUNGAN KELINCAHAN DAN KESEIMBANGAN TERHADAP KECEPATAN TENDANGAN SABIT CABANG OLAHRAGA PENCAK SILAT SMA NEGERI 2 SINJAI SELATAN. Diploma thesis, FIK.

[img] Text
JURNAL.docx

Download (44kB)

Abstract

ABSTRAK WAHYUDIN. 2018 .Hubungan kelincahan dan keseimbangan terhadap kecepatan tendangan sabit cabang olahraga pencak silat SMA Negeri 2 Sinjai Selatan.Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Apakah ada hubungan kelincahan dengan kecepatan tendangan sabit cabang olahraga pencak silat SMA Negeri 2 Sinjai Selatan? 2) Apakah ada keseimbangan dengan kecepatan tendangan sabit cabang olahraga pencak silat SMA Negeri 2 Sinjai Selatan? 3) Apakah ada hubungan kelincahan dan keseimbangan dengan kecepatan tendangan sabit cabang olahraga pencak silat SMA Negeri 2 Sinjai Selatan?.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui a) hubungan kelincahan dengan kecepatan tendangan sabit cabang olahraga pencak silat SMA Negeri 2 Sinjai Selatan. b) hubungan keseimbangan dengan kecepatan tendangan sabit cabang olahraga pencak silat SMA Negeri 2 Sinjai Selatan. c) hubungan kelincahan dan keseimbangan dengan kecepatan tendangan sabit cabang olahraga pencak silat SMA Negeri 2 Sinjai Selatan.Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 2 Sinjai Selatan dengan jumlah sampel penelitian 30 orang siswa yang dipilih secara random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis korelasi dan regresi dengan menggunakan sistem SPSS Versi 22 pada taraf signifikan 95% atau α 0,05. Bertolak dari hasil analisis data, maka penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) hubungan kelincahan dengan kecepatan tendangan sabit cabang olahraga pencak silat SMA Negeri 2 Sinjai Selatan, terbukti r0 = 0,803 (P < α 0,05), (2) hubungan keseimbangan dengan kecepatan tendangan sabit cabang olahraga pencak silat SMA Negeri 2 Sinjai Selatan., terbukti r0 = 0,773 (P < α0,05), (3) hubungan kelincahan dan keseimbangan dengan kecepatan tendangan sabit cabang olahraga pencak silat SMA Negeri 2 Sinjai Selatan., terbukti R0 = 0,804 (P < α 0,05). Hal ini dapat dijelaskan bahwa apabila seorang siswa didukung oleh kelincahan dan keseimbangan yang baik maka siswa tersebut dapat melakukan tendangan sabit dengan baik pula. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan : 1) ada hubungan kelincahan dengan kecepatan tendangan sabit cabang olahraga pencak silat SMA Negeri 2 Sinjai Selatan, 2) ada keseimbangan dengan kecepatan tendangan sabit cabang olahraga pencak silat SMA Negeri 2 Sinjai Selatan, dan 3) ada hubungan kelincahan dan keseimbangan dengan kecepatan tendangan sabit cabang olahraga pencak silat SMA Negeri 2 Sinjai Selatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN > ILmu Keolahragaan
Divisions: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 14 Aug 2018 08:10
Last Modified: 14 Aug 2018 08:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10195

Actions (login required)

View Item View Item