Perbandingan Keefektifan Pendekatan Open Ended dan Pendekatan Problem posing Dalam pembelajaran Kolaboratif pada materi Lingkaran

MAULANA, SUNAN ARJUN (2018) Perbandingan Keefektifan Pendekatan Open Ended dan Pendekatan Problem posing Dalam pembelajaran Kolaboratif pada materi Lingkaran. S1 thesis, FMIPA.

[img] Text
artikel.docx

Download (33kB)

Djadir 1, Djam’an 2 ,Maulana 3,a) 1,2,3 Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Makassar a) Sunanmaulanamath11@gmail.com Abstrak. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbandingan efektivitas antara Pendekatan Open Ended dan Pendekatan Problem Posing dalam Pembelajaran Model Kolaboratif pada materi Lingkaran. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang melibatkan dua kelompok yang diberi perlakuan dengan sampel penelitian sebanyak 53 siswa dari kelas VIII SMP Negeri 1 Polut tahun ajaran 2017/2018 yang dipilih dengan menggunakan teknik double cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen: (1) lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran, (2) tes hasil belajar matematika, (3) lembar observasi aktivitas siswa, (4) angket respon siswa. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan analisis uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Pendekatan Open Ended dan Pendekatan Problem Posing terlaksana dengan kategori terlaksana dengan sangat baik. (2) Hasil belajar siswa pada kelas eksperimen I lebih baik daripada kelas eksperimen II memenuhi kriteria efektivitas, (3) Aktivitas siswa kelas eksperimen I dan eksperimen II berada pada kategori baik, (4) respon siswa kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II berada pada kategori positif, (5) Pendekatan Open Ended kelas eksperimen I lebih efektif daripada Pendekatan Problem Posing kelas eksperimen II dalam pembelajaran matematika siswa. Kata Kunci: Efektivitas, Open Ended, Problem posing, model Kolaboratif, hasil belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 14 Aug 2018 08:07
Last Modified: 14 Aug 2018 08:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10193

Actions (login required)

View Item View Item