PENGARUH PEMBELAJARAN STUDENT ACTIVE LEARNING TIPE GROUP TO GROUP EXCHANGE (GGE) TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI 2 DI SMK NEGERI 1 POLEWALI MANDAR.

BORAHIMA, NURHIDAYAH (2018) PENGARUH PEMBELAJARAN STUDENT ACTIVE LEARNING TIPE GROUP TO GROUP EXCHANGE (GGE) TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI 2 DI SMK NEGERI 1 POLEWALI MANDAR. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
JURNAL DEPU.pdf

Download (730kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Student Active Learning tipe Group to Group Exchange (GGE) terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas X AK 2 SMK Negeri 1 Polewali Mandar. Variabel dalam penelitian ini adalah pembelajaran Student Active Learning tipe Group to Group Exchange (GGE) (X) dan hasil belajar (Y). Populasinya yaitu keseluruhan jumlah siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Polewali Mandar tahun ajaran 2017/2018 sebanyak 107 siswa, sedangkan penentuan sampelnya menggunakan teknik Purposive Sampling dengan sampel sebanyak 36 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis keabsahan data dan analisis statistik data dengan menggunakan program SPSS 21 for windows. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan maka diperoleh persamaan regresi linear sederhana Y=28,771+4,321X dimana setiap penambahan satu nilai pembelajaran Student Active Learning tipe Group to Group Exchange (GGE), maka hasil belajar bertambah sebesar 4,321. Hasil penelitian penggunaan pembelajaran Student Active Learning tipe Group to Group Exchange (GGE) diperoleh nilai rata-rata pretest yaitu 51 dan rata-rata posttest yaitu 80 dari koefisien korelasi sebesar 0,845. Pada koefisien determinasi diperoleh nilai 0,654 yang berarti pembelajaran Student Active Learning tipe Group to Group Exchange (GGE) berpengaruh positif sebesar 65,4 persen terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas X Ak 2 di SMK Negeri 1 Polewali Mandar. Dan pada uji t diperoleh nilai signifikan 0,00< 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran Student Active Learning tipe Group to Group Exchange (GGE) terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas X Ak 2 di SMK Negeri 1 Polewali Mandar terdapat peningkatan yang signifikan setelah diberikan perlakuan, sehingga hipotesis yang diajukan diterima. Kata Kunci: Pembelajaran Student Active Learning tipe Group to Group Exchange (GGE), Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Akuntansi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 14 Aug 2018 07:57
Last Modified: 14 Aug 2018 07:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10189

Actions (login required)

View Item View Item