PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAMS ASSISTED INDIVIDUALIZATION) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI DI SMK NEGERI 4 MAKASSAR

RAHMA, ANDI (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAMS ASSISTED INDIVIDUALIZATION) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI DI SMK NEGERI 4 MAKASSAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
jurnal.pdf

Download (724kB) | Preview

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Teams Assisted Individualization) terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pengantar akuntansi siswa kelas X akuntansi di SMK Negeri 4 Makassar. Variabel dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Teams Assisted Individualization) (X) dan motivasi belajar (Y). Populasinya yaitu keseluruhan kelas X Akuntansi SMK Negeri 4 Makassar. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X Akuntansi 2 sebanyak 35 siswa, pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan observasi.Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis keabsahan data dan analisis statistik data dengan bantuan program SPSS 21 for windows. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh persamaan regresi linear sederhana Y=1,819+0,956X dimana konstanta dengan nilai 1,819 yang berarti bahwa jika model pembelajaran kooperatif tipe TAI nilainya nol, maka motivasi belajar siswa tetap ada sebesar 1,819 sedangkan koefisien regresi X sebesar 0,956 bernilai positif, yang berarti bahwa jika model pembelajaran kooperatif tipe TAI mengalami peningkatan 1 satuan, maka motivasi belajar siswa juga akan mengalami peningkatan sebesar 0,956. Dari hasil analisis product moment menunjukkan nilai koefisien korelasi (r) r=0,677 yang berada pada interval 0,60-0,799 yang memiliki tingkat pengaruh kuat antara model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Teams Assisted Individualization) terhadap motivasi belajar siswa. Melalui uji-t pada kolom signifikan menunjukkan bahwa nilai probabilitas 0,000<0,05 dan nilai thitung 5,283>ttabel sebesar 1,692. Hal ini berarti hipotesis dalam penelitian ini diterima. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Teams Asissted Indivdualization), Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Akuntansi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 14 Aug 2018 07:51
Last Modified: 14 Aug 2018 07:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10186

Actions (login required)

View Item View Item