Kontribusi Panjang Lengan dan Kekuatan Otot Tungkai terhadap Kemampuan Renang Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Makassar

Mustika, Muliati (2018) Kontribusi Panjang Lengan dan Kekuatan Otot Tungkai terhadap Kemampuan Renang Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Makassar. Diploma thesis, FIK.

[img] Text
ARTIKEL SKRIPSI S1 PKO.docx

Download (32kB)

Abstract

ABSTRAK Muliati Mustika, 2018. Kontribusi Panjang Lengan dan Kekuatan Otot Tungkai terhadap Kemampuan Renang Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Makassar. SKRIPSI. Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Makassar. Pembimbing I: Dr. H. Abraham Razak, M.S, AIFO., Pembimbing II: Andi Akbar, S.Pd, M.Pd. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Makassar. Sampel yang digunakan adalah mahasiswa sebanyak 30 orang. Adapun teknik penentuan sampelnya dilakukan secara acak (Random Sampling). Teknik analisis datanya menggunakan uji regresi dan korelasi dengan melalui program SPSS 20, pada taraf signifikan α=0,05 atau taraf kepercayaan 95%. Berdasarkan dari hasil analisis data, penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) ada kontribusi yang signifikan panjang lengan terhadap kemampuan renang gaya bebas pada mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Makassar dilihat dari nilai r/R hitung=0,819 (P<0,05) dan kontribusinya sebesar 67,1%. (2) ada kontribusi yang signifikan kekuatan otot tungkai terhadap kemampuan renang gaya bebas pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Makassar dilihat dari nilai r/R hitung=0.510 (P<0,05) dan kontribusinya sebesar 26.1%.(3) ada kontribusi yang signifikan secara bersama-sama panjang lengan dan kekuatan otot tungkai terhadap kemampuan renang gaya bebas pada mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Makassar dilihat dari r/R hitung=0.830 (P<0,05) dan kotribusinya sebesar 68,9%. Kata Kunci: Kontribusi, Panjang Lengan, Kekuatan Otot Tungaki, Kemampuan Renang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN > Pen. Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 14 Aug 2018 06:47
Last Modified: 14 Aug 2018 06:47
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10175

Actions (login required)

View Item View Item