KEBUTUHAN PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN PADA PESERTA DIDIK KELAS I SEKOLAH DASAR

Kasmawati, Kasmawati (2018) KEBUTUHAN PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN PADA PESERTA DIDIK KELAS I SEKOLAH DASAR. S3 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
Jurnal PPPMPBMS Kasmawati IP 2015.pdf

Download (84kB) | Preview

Pembelajaran bahasa Indonesia meliputi keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Salah satu yang keterampilan yang perlu dimiliki peserta didik kelas I adalah membaca. Pembelajaran membaca di kelas awal harus diawali dari tahap dasar, yaitu membaca permulaan. Kemampuan membaca permulaan sangat menentukan keberhasilan membaca lanjut. Beberapa penelitian mengungkapkan kemampuan membaca peserta didik di Indonesia rendah. Kemampuan membaca permulaan peserta didik dipengaruhi langsung oleh kualitas pembelajaran. Salah satu upaya yang dilakukan pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran membaca permulaan ` adalah keterampilan memilih dan menentukan perangkat pembelajaran apa yang akan digunakan dalam proses pembelajaran membaca permulaan. Perangkat pembelajaran membaca permulaan yang dipilih hendaknya menyenangkan, menantang, bermakna dan memotivasi peserta didik untuk meningkatkan kemampuan membaca Perangkat pembelajaran membaca permulaan dengan metode yang tepat, sangat menentukan kualitas Proses pembelajaran. Kualitas proses pembelajaran yang baik dapat meningkatkan kemampuan membaca peserta didik. Metode Steinberg merupakan metode yang dianggap dapat meningkatkan kualitas pembelajaran membaca permulaan. Kata Kunci: Pengembangan, perangkat pembelajaran, membaca permulaan, metode Steinberg.

Item Type: Thesis (S3)
Subjects: PASCASARJANA > ILMU PENDIDIKAN - (S3)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 14 Aug 2018 05:24
Last Modified: 14 Aug 2018 05:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10172

Actions (login required)

View Item View Item