Pengembangan Inventori perkembangan Siswa (IPS) SMA Negeri 9 Bulukumba.

Anwar, Kasmayani (2018) Pengembangan Inventori perkembangan Siswa (IPS) SMA Negeri 9 Bulukumba. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
KASMA JURNAL.pdf

Download (189kB) | Preview

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui gambaran analisis kebutuhan terhadap penggunaan Inventori Perkembangan Siswa (IPS) di SMA Negeri 9 Bulukumba. (2) Untuk mengetahui Bagaimana prototype pengembangan inventori perkembangan siswa (IPS) di SMA Negeri 9 Bulukumba. (3) Untuk mengetahui tingkat validitas, relibilitas dan kelayakan pengembangan Inventori Perkembangan Siswa (IPS) sebagai salah satu alat pengumpulan data di SMA Negeri 9 Bulukumba. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau research and development model Borg and Gall dengan melibatkan 15 orang siswa SMA dalam uji coba kelompok kecil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Inventori perkembangan siswa (IPS) sebagai alat ukur/ instrumen sangat dibutuhkan di sekolah SMA Negeri 9 Bulukumba, oleh karena gambaran kebutuhan siswa terhadap inventori perkembangan siswa (IPS) masih membutuhkan pembaharuan atau update dari segi bentuk, isi dan bidang permasalahan BK serta item pernyataan yang masih terlalu banyak yang membuat para siswa bosan membaca dan mengisi inventori yang ada di sekolah tersebut.(2) Prototype Inventori perkembangan siswa (IPS) yang dikembangkan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai, oleh karena peneliti melengkapi dengan manualnya, sehingga guru bimbingan dan konseling dapat mempergunakan inventori tersebut. (3) Inventori perkembangan siswa (IPS) yang dikembangkan telah sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai, oleh karena peneliti telah melalui langkah-langkah uji coba dalam pengembangan inventori perkembangan siswa (IPS), sehingga berdasarkan hasil yang diperoleh yaitu: nilai validitas inventori perkembangan siswa (IPS) berada pada skala 4,17 pada tahap uji ahli validitas dengan kriteria valid, nilai dari uji reliabilitas diperoleh 0,66 atau 96,6% dengan kriteria tinggi atau reliable, sehingga dapat disimpulkan bahwa inventori perkembangan siswa (IPS) dengan jumlah 76 item pernyataan yang valid, reliabel dapat digunakan sebagai inventori perkembangan siswa (IPS) di SMA Negeri 9 Bulukumba. Kata Kunci: Inventori Perkembangan Siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: PASCASARJANA > BIMBINGAN DAN KONSELING - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 14 Aug 2018 03:24
Last Modified: 14 Aug 2018 03:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10165

Actions (login required)

View Item View Item