MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SMP NEGERI 6 MAKASSAR

ZIAULHAQ, MUHAMMAD (2018) MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SMP NEGERI 6 MAKASSAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Artikel (Muhammad Ziaulhaq-15B14008).docx

Download (94kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Gambaran otonomi atau kemandirian sekolah dalam MBS di SMP Negeri 6 Makassar; (2) Gambaran peran serta masyarakat di SMP Negeri 6 Makassar; (3) Gambaran Fleksibilitas, Transparansi dan Akuntabilitas MBS di SMP Negeri 6 Makassa.Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan sumber data kepala sekolah, wakil kepala sekolah, komite sekolah, kepala laboratorium, kepala perpustakaan, guru dan guru BK di SMP Negeri 6 Makassar. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi pengabsahan data dilakukan dengan perpanjang pengamatan, triangulasi dan member cek. Selanjutnya dianalisis dengan mengikuti konsep Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah memiliki otonomi atau kemandirian atau kewenangan yang lebih luas dalam mengatur dan mengelola sekolah.Hal ini terbukti dari beberapa komponen manajemen sekolah yang terdiri dari manajemen kurikulum dan pembelajaran, manajemen ketenagaan, manajemen kesiswaan, manajemen keuangan, manajemen sarana dan prasarana dan manajemen layanan khusus telah dilaksanakan dengan baik.Sekolah memiliki fleksibilitas dalam pengelolaan, mengatur dan memanfaatkan sumber daya sekolah secara transparansi dan akuntabilitas serta mengambil keputusan secara seksama dengan warga sekolah dan mempertanggungjawabkan kepada publik segala sesuatu mengenai kinerja yang diperoleh sebagai hasil partisipasi dari stakeholders, hal ini dibuktikan dengan adanya keterbukaan sekolah dalam program kerja sekolah. Dan masyarakat berpartisipasi terhadap pengelolaan kurikulum dan pembelajaran, guru dan tata usaha, peserta didik, keuangan dan pembiayaan, sarana dan prasarana sekolah dan layanan khusus, sekolah sangat terbuka dengan masyarakat hal ini terlihat dari setiap kegiatan yang diadakan oleh sekolah masyarakat selalu berpartisipasi dalam pengambilan keputusan mulai dari perencanaan sekolah, pengelolaan sekolah, pelaksanaan sekolah dan evaluasi sekolah, sehingga masyarakat selalu memberi saran dan kritikan kepada sekolah agar dapat memcapai tujuan yang diinginkan secara bersama. Kata Kunci: ManajemenBerbasisSekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 14 Aug 2018 02:11
Last Modified: 14 Aug 2018 02:11
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10160

Actions (login required)

View Item View Item