IMPLEMENTASI SISTEM PERBENDAHARAAN DAN ANGGARAN NEGARA (SPAN) PADA KANTOR PELAYANAN PERBENDAHARAAN NEGARA (KPPN) MAKASSAR II

Tuhumury, Bebby Silvia Febriany (2018) IMPLEMENTASI SISTEM PERBENDAHARAAN DAN ANGGARAN NEGARA (SPAN) PADA KANTOR PELAYANAN PERBENDAHARAAN NEGARA (KPPN) MAKASSAR II. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
Jurnal_Bebby Silvia F.T.pdf

Download (529kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (SPAN) pada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Makassar II. Penelitian ini berfokus pada beberapa indikator yaitu derajat perubahan yang diinginkan, letak pengambilan keputusan, sumber daya yang dilibatkan, serta tingkat kepatuhan dan responsivitas kelompok sasaran. Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi berdasarkan pada aspek informasi, isi kebijakan, dukungan dan pembagian potensi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling insidental yang diukur menggunakan analisis distribusi frekuensi, analisis persentase, analisis kecenderungan sentral data (mean), dan analisis standar deviasi.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi SPAN pada KPPN Makassar II telah terlaksana dengan baik. SPAN sebagai sistem terintegrasi yang bekerja secara online dengan single database membuat penyelesaian proses kerja menjadi lebih efektif, efisien, transparan dan dapat dilaksanakan pada satu tempat, teratur, dan tanpa biaya serta didukung teknologi informasi. Faktor informasi, isi kebijakan, dukungan dan pembagian potensi secara keseluruhan dapat menjadi faktor yang mendukung dalam penerapan SPAN, namun terdapat beberapa kendala yang dapat menghambat seperti keterbatasan penggunaan perangkat teknologi bagi pegawai yang memasuki usia kurang produktif, keterbatasan pada sistem jaringan, kesalahan input data oleh Satker dalam menyusun laporan anggaran dan berakibat pada terhambatnya proses pelayanan. Kata Kunci: Implementasi Kebijakan, SPAN, Teknologi Informasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Aug 2018 06:48
Last Modified: 13 Aug 2018 06:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10146

Actions (login required)

View Item View Item