Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Integrasi Pendidikan Karakter untuk Peserta Didik Madrasah Aliyah

RAHAYU, CHARISMA (2018) Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Integrasi Pendidikan Karakter untuk Peserta Didik Madrasah Aliyah. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
JURNAL CHARISMA RAHAYU P.BIO 2016.pdf

Download (45kB) | Preview

Kurikulum 2013 merupakan bentuk kurikulum yang dikembangkan di Indonesia membagi kompetensi sikap menjadi dua, yaitu sikap spiritual terkait pembentukan peserta didik yang beriman dan bertakwa dan sikap sosial terkait pembentukan peserta didik yang berakhlak mulia, mandiri, demokratis, dan bertanggung jawab. Modul adalah suatu bahan ajar yang memuat materi tertentu yang disusun secara sistematis dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh peserta didik agar mereka dapat belajar mandiri dengan bimbingan minimal dari guru. Namun, minimnya bahan ajar khususnya modul yang memuat konten materi Biologi yang diintegrasikan dengan pendidikan karakter untuk mencapai tujuan kurikulum 2013. Oleh karena itu rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (i) Bagaimana kevalidan pengembangan modul pembelajaran Biologi integrasi pendidikan karakter untuk peserta didik Madrasah Aliyah? (ii) Bagaimana kepraktisan pengembangan modul pembelajaran Biologi integrasi pendidikan karakter untuk peserta didik Madrasah Aliyah? (iii) Bagaimana keefektifan pengembangan modul pembelajaran Biologi integrasi pendidikan karakter untuk peserta didik Madrasah Aliyah? Tujuan penelitian ini adalah (i) untuk mengetahui kevalidan pengembangan modul pembelajaran Biologi integrasi pendidikan karakter untuk peserta didik Madrasah Aliyah; (ii) untuk mengetahui kepraktisan pengembangan modul pembelajaran Biologi integrasi pendidikan karakter untuk peserta didik Madrasah Aliyah; (iii) untuk mengetahui keefektifan pengembangan modul pembelajaran Biologi integrasi pendidikan karakter untuk peserta didik Madrasah Aliyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (R&D) model Four-D (define, design, develop, desseminate) dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan (i) kevalidan modul pembelajaran Biologi integrasi pendidikan karakter yaitu rata-rata total aspek sebesar 4,03 (valid); (ii) kepraktisan modul pembelajaran Biologi integrasi pendidikan karakter diperoleh berdasarkan respon guru yaitu 74% pernyataannya memberikan respon positif dan respon peserta didik yaitu 72,97% dari seluruh peserta didik memberikan respon positif; (iii) keefektifan modul pembelajaran Biologi integrasi pendidikan karakter diperoleh hasil tes hasil belajar kognitif yaitu 97% peserta didik memperoleh nilai di atas nilai KKM. Sedangkan hasil observasi sikap mengalami peningkatan dengan rata-rata nilai religius dan jujur peserta didik yaitu 3,97 dengan kategori sangat baik dan nilai rasa ingin tahu peserta didik yaitu 3,00 dengan kategori baik. Kata kunci: modul Biologi, pendidikan karakter, valid, praktis, efektif.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Aug 2018 02:33
Last Modified: 13 Aug 2018 02:33
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10141

Actions (login required)

View Item View Item