Pengaruh Struktur Modal Terhadap Profitabilitas pada Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar Dibursa Efek Indonesia (BEI).

pusparani, Sari (2018) Pengaruh Struktur Modal Terhadap Profitabilitas pada Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar Dibursa Efek Indonesia (BEI). S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

Full text not available from this repository.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh struktur modal terhadap profitabilitas pada sub sektor makanan dan minuman yag terdaftar di bursa efek indonesia. variabel dalam penelitian ini adalah struktur modal (variabel bebas) diukur dengan menggunakan rasio DER, DAR, dan LDER dengan satuan persen dan profitabilitas yang diukur dengan menggunakan rasio ROE, ROA, dan NPM dengan satuan persen. populasi dalam penelitian ini adalah laporan keuangan dari 17 perusahaan yang termasuk dalam sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar dibursa efek indonesia pada tahun 2012-2016 dan sampel dalam penelitian ini adalah laporan neraca dan laba rugi dari 8 perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar dibursa efek indonesia pada tahun 2012-2016. Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni ada dua yaitu analisis keuangan dan analisis statistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial struktur modal (DER) berpengaruh positif signifikan terhadap profitabilitas (ROE dan ROA), kecuali pada rasio NPM pada subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Secara parsial struktur modal (DAR) berpengaruh negatif terhadap profitabilitas (ROE dan ROA), kecuali pada rasio NPM pada subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Secara parsial struktur modal (LDER) tidak berpengaruh terhadap profitabilitas (ROE, ROA dan NPM) pada subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Secara simultan struktur modal (DER, DAR dan LDER) berpengaruh terhadap profitabilitas kecuali NPM pada perusahaan subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Kata kunci : DER, DAR, LDER, ROE, ROA, NPM.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Aug 2018 01:49
Last Modified: 13 Aug 2018 01:49
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10139

Actions (login required)

View Item View Item