PROBLEMATIKA PELAJAR DALAM MELANJUTKAN JENJANG PENDIDIKAN DI DESA PEKALOBEAN DUSUN MALIMONGAN KECAMATAN ANGGERAJA KABUPATEN ENREKANG

Sahir, Purwati (2018) PROBLEMATIKA PELAJAR DALAM MELANJUTKAN JENJANG PENDIDIKAN DI DESA PEKALOBEAN DUSUN MALIMONGAN KECAMATAN ANGGERAJA KABUPATEN ENREKANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
jurnal purwats.docx

Download (22kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Bentuk-bentuk problematika pelajar dalam melanjutkan jenjang pendidikan di Desa Pekalobean, Dusun Malimongan, Kecamatan Anggeraja, Kabupaten Enrekang. (2) Upaya orangtua mengatasi problematika pelajar dalam melanjutkan jenjang pendidikan di Desa Pekalobean, Dusun Malimongan, Kecamatan Anggeraja, Kabupaten Enrekang. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Jumlah informan pada penelitian ini sebanyak 18 orang yang ditentukan melalui teknik purposive sampling dengan kriteria pelajar putus sekolah dan orangtua pelajar putus sekolah yang memiliki ekonomi menengah ke atas ada di Desa Pekalobean, Dusun Malimongan, Kecamatan Anggeraja, Kabupaten Enrekang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarik kesimpulan. Teknik pengabsahan data menggunakan teknik member check. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Bentuk-bentuk problematika pelajar dalam melanjutkan jenjang pendidikan di Desa Pekalobean, Dusun Malimongan, Kecamatan Anggeraja, Kabupaten Enrekang yakni : (a) Problematika individu, sudah tidak berniat melanjutkan sekolah, dan lebih memilih bekerja karena penghasilan yang didapatkan lebih jelas. (b) Problematika individu dengan lingkungan sekolah, adanya rasa trauma, takut dan malu untuk pergi ke sekolah. (c) Problematika individu dengan lingkungan tempat tinggal dan lingkungan sosial, teman sepergaulan memberikan dampak yang cukup besar terhadap pola pikir individu untuk terpengaruh. (2) Upaya Orangtua mengatasi problematika pelajar dalam melanjutkan jenjang pendidikan, yakni mengambil paket yaitu paket A,B,dan C. Paket A untuk tidak tamat SD, paket B untuk tidak tamat SMP, dan paket C untuk tidak tamat SMA. Kata kunci :Problematika, pelajar putus sekolah, bekerja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Aug 2018 01:34
Last Modified: 13 Aug 2018 01:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10135

Actions (login required)

View Item View Item