Upaya Peningkatan Pembelajaran Dasar- Dasar Renang Gaya Bebas Melalui Pendekatan Alat Papan Peluncur pada Siswa SD Inpres Cilallang

WAHYUNI, SRI (2018) Upaya Peningkatan Pembelajaran Dasar- Dasar Renang Gaya Bebas Melalui Pendekatan Alat Papan Peluncur pada Siswa SD Inpres Cilallang. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
jurnal.doc

Download (201kB)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan hasil renang dasar gaya bebas dengan mengunakan model pembelajaran papan peluncur pada murid kelas IV di SD Inpres Cilallang.Penelitianiniadalahjenispenelitiantindakankelas (PTK) Subjek data penelitian ini adalah muridkelas V di SD InpresCilallang Sari KecamatanManggala Kota Makassar berjumlah 32 orang yang terdiri atas 22 murid putri dan 10 murid putra. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan tes penilaian hasil belajarrenangdasargayabebas. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah secara deskriptif yang didasarkan pada analisis kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa: pembelajaran dengan mengunakan model pembelajaran papan peluncur bagi murid kelas IV di SD Inpres Cilallang. Dari hasil analisis yang diperoleh peningkatan yang signifikan dari siklus I dan siklus II. Hasil renang dasar gaya bebaspada siklus I dalam kategori tuntas adalah 40,63% jumlah murid yang tuntas adalah 6 murid. Pada siklus II terjadi peningkatan prosentase hasil belajar murid dalam kategori tuntas sebesar 100%, sedangkan murid yang tuntas 32 murid.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
Divisions: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 Aug 2018 08:30
Last Modified: 10 Aug 2018 08:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10115

Actions (login required)

View Item View Item