Meningkatkan Keterampilan Menggiring Bola dalam Permainan Sepakbola melalui Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) pada Siswa Kelas V SD Inpres Macciniayo Kabupaten Gowa

KARIM, ACHMAD (2014) Meningkatkan Keterampilan Menggiring Bola dalam Permainan Sepakbola melalui Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) pada Siswa Kelas V SD Inpres Macciniayo Kabupaten Gowa. S1 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
ACHMAD KARIM jurnal TESIS penjas S.2.pdf

Download (199kB) | Preview

Meningkatkan Keterampilan Menggiring Bola dalam Permainan Sepakbola melalui Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) pada Siswa Kelas V SD Inpres Macciniayo Kabupaten Gowa ACHMAD KARIM Pendidikan Jasmani dan Olahraga E –mail: achmadkarim38@yahoo.co.id Abstract ACHMAD KARIM. 2014. Improving Leading the Ball Skills in Soccer Game throughCooperative Learning Model of STAD Type of grade V Students at SD Inpres Macciniayo in Gowa district (Supervised by H.M. Anwar Pasau and Syahruddin). This study aims to describe the planning, action, observation, reflection and application of cooperative learning model of STAD (Student teams Achievement Divisions) Type in improving leading the ball in soccer games of grade V students at SD Inpres Macciniayo in Gowa district. This study is an action research which conducted 4 timer fot cycle Il which designed in four stages, namely the planning, implementation, observation, and reflection. The date of this study is leading the ball skill in soccer game. The data sources of this study are 33 students of grade V at SD Inpres Macciniayo in Gowa district. Data collection of leading the ball skills in soccer game was using assesment sheet of the speed of leading the ball skills in cycle I and cycle II. Data were analized quantitatively and qualitatively. The result of the quantitatively data show that 23 students are complete in cycle Iwith the percentage of 69,69% and 33 students in cycle II with a percentage of 100%. The result of qualitative analysis showed that there is significant improvement of leading the ball skills of soccer game. Based on the result of this study it can be concluded that the penjas learning by employing cooperative learning model of STAD type can improve leading the ball skills in soccer game of grade V at SD Inpres Macciniayo in Gowa district. Keyword: leading the ball skills, cooperative learning model of STAD type Abstrak ACHMAD KARIM. 2014. Meningkatkan Keterampilan Menggiring Bola Dalam Permainan Sepakbola Melalui Model Pembelajaran Koperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) Pada Siswa Kelas V SD Inpres Macciniayo Kabupaten Gowa. (Dibimbing oleh Prof. Dr. H. M. Anwar Pasau, M.A. dan Dr. Syahruddin, M.Kes). Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perencanaan, tindakan, observasi refleksi dan penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) dalam Meningkatkan Keterampilan Menggiring Bola dalam Permainan Sepakbola Siswa Kelas V SD Inpres Macciniayo Kabupaten Gowa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan sebanyak 4 kali Pertemuan di Siklus I dan Siklus II dan di rancang melalui empat tahapan yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi dan Refleksi. Data Penelitian ini adalah Keterampilan Menggiring Bola dalam Permainan Sepakbola. Sumber data Penelitian ini adalah Siswa Kelas V SD Inpres Macciniayo Kabupaten Gowa yang berjumlah 33 orang. Pengumpulan data Keterampilan Menggiring Bola Dalam Permainan Sepakbola dengan menggunakan lembar penilaian Kecepatan Keterampilan Menggiring Bola pada Siklus I dan Siklus II. Data yang terkumpul dianalisis secara Kuantitatif dan Kualitatif. Hasil analisis Kuantitatif data Keterampilan Menggiring Bola menunjukkan bahwa jumlah Siswa yang tuntas pada Siklus I adalah 23 orang dengan persentase 69.69% dan jumlah Siswa yang tuntas pada Siklus II adalah 33 orang dengan persentase 100%. Hasil analisis Kualitatif menunjukkan bahwa terdapat peningkatan Keterampilan Menggiring Bola dalam Permainan Sepakbola yang signifikan. Berdasarkan Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran penjas melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) dapat Meningkatkan Keterampilan Menggiring Bola dalam Permainan Sepakbola Siswa Kelas V SD Inpres Macciniayo Kabupaten Gowa. Kata Kunci : Keterampilan Menggiring Bola, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Jasmani dan Olahraga (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 Aug 2018 06:59
Last Modified: 10 Aug 2018 06:59
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10112

Actions (login required)

View Item View Item