EFEKTIVITAS PELAYANAN PUBLIK PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN SOPPENG

Maualana, A. Muhammad Fajar (2018) EFEKTIVITAS PELAYANAN PUBLIK PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN SOPPENG. S1 thesis, FIS.

[img]
Preview
Text
JURNAL_ARTIKEL_A. MUHAMMAD FAJAR MAULANA_1466040015.pdf

Download (129kB) | Preview

EFEKTIVITAS PELAYANAN PUBLIK PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN SOPPENG A. Muhammad Fajar Maualana¹, Jamaluddin², Risma Niswaty². ¹Alumni Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran FIS UNM, ²Dosen Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran FIS UNM. Email¹: andimuhfajarmaulana@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui efektifitas pelayanan publik pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Soppeng. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan penelitian dalam penelitian ini adalah Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabuapten Soppeng, petugas pemberi pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil sebanyak 3 orang, dan masyarakat yang sedang mengurus administrasi kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Soppeng sebanyak 3 orang. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik trianggulasi sumber. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model interaktif. Berdasarkan hasil penelitian memperlihatkan bahwa efektifitas pelayanan publik pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Soppeng dilihat dari standar prosedur pelayanan, waktu penyelesaian, biaya pelayanan, produk pelayanan, sarana dan prasarana, dan kompetensi petugas pemberi pelayanan yaitu: 1) Prosedur Pelayanan belum dapat dikatakan efektif, 2) Waktu Penyelesaian dapat dikatakan cukup cepat akan tetapi belum efektif, 3) Biaya Pelayanan dapat dikatakan efektif dilihat dari pelayanan gratis, 4) Produk Pelayanan dapat dikatakan efektif dilihat dari ketersediaan produk pelayanan, 5) Sarana dan Prasarana belum dapat dikatakan efektif, 6) Kompetensi Petugas Pemberi Pelayanan belum dapat dikatakan efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan publik pada Dinas Kependudukan dan Pencataan Sipil Kabupaten Soppeng telah terlaksana dengan baik akan tetapi belum efektif. Kata kunci : Efektifitas, Pelayanan Publik, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Soppeng

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 Aug 2018 06:52
Last Modified: 10 Aug 2018 06:52
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10111

Actions (login required)

View Item View Item