Silvia, Febi (2018) PELAYANAN PRIMA DAN KEPUASAN PELANGGAN DI KANTOR PELAYANAN PERBENDAHARAAN NEGARA (KPPN) MAKASSAR II. Diploma thesis, FIS.
|
Text
Jurnal_Febi Silvia_1465141013_Ilmu Adm. Negara.pdf Download (507kB) | Preview |
Abstract
Abstrak Pelayanan prima dan kepuasan pelanggan di Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Makassar II. Skripsi, Program studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. Dibimbing oleh Herlina Sakawati dan Muh Nur Yamin. Penelitian bertujuan mengetahui pengaruh pelayanan prima terhadap kepuasan pelanggan di Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Makassar II dengan metode penelitian deskriptif dan dengan pendekatan kuantitatif. Penarikan sampel secara sampling insidental. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan pelanggan di Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Makassar II dipengaruhi oleh faktor pelayanan prima, persamaan regresi Y= 2,997 + 0,308X. Tinjauan faktor pelayanan prima didominasi unsur penampilan dan sikap pegawai disebabkan kedua unsur tersebut menjadi hal pertama yang diperhatikan pelanggan. Kuatnya penampilan dan sikap karena merupakan cerminan sosok dan citra diri yang sangat berperan terhadap penilaian orang lain terhadap seseorang. Keahlian atau keterampilan yang baik dan kualitas kerja yang tinggi memang sangat dibutuhkan, akan tetapi kesan yang buruk dapat menutupi keahlian yang paling sempurna sekalipun. Kata kunci: Pelayanan Prima, Kepuasan Pelanggan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | FAKULTAS ILMU SOSIAL > Ilmu Administrasi Negara |
Divisions: | FAKULTAS ILMU SOSIAL |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 10 Aug 2018 06:41 |
Last Modified: | 10 Aug 2018 06:41 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10107 |
Actions (login required)
View Item |