Meningkatkan kemampuan passing bola basket dengan menerapkan metode pembelajaran kooperatif Team Games Tournament pada siswa kelas X MIA V SMAN 9 Makassar

ANAS, AZWAR (2018) Meningkatkan kemampuan passing bola basket dengan menerapkan metode pembelajaran kooperatif Team Games Tournament pada siswa kelas X MIA V SMAN 9 Makassar. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
jurnalaaaa.doc

Download (82kB)

ABSTRAKSI AZWAR ANAS, 2018. Meningkatkan kemampuan passing bola basket dengan menerapkan metode pembelajaran kooperatif Team Games Tournament pada siswa kelas X MIA V SMAN 9 Makassar. Skripsi. Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas negeri Makassar. Penelitian Tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar Pendidikan Jasmani siswa SMA Negeri 9 Makassar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA V SMA Negeri 9 Makassar yang keseluruhanya berjumlah 25 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 kali tatap muka. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu tahap perencanaan (Planing), pelaksanaan tindakan (Acting), observasi (Observing) serta evaluasi dan refleksi (Reflecting). Data hasil penelitian tindakan kelas ini akan dianalisis secara kualitatif dengan melihat kegiatan siswa selama mengikuti proses pembelajaran di dalam kelas dan secara kuantitatif dengan melihat peningkatan hasil belajar siswa. Hasil analisis data ini akan digunakan untuk tindak lanjut dan akan digunakan untuk mengambil kesimpulan terhadap hasil penelitian tindakan kelas. Berdasarkan langkah-langkah dan perlakuan yang telah diberikan, maka penelitian dilakukan hingga siklus II dimana motivasi dan hasil belajar siswa telah mengalami peningkatan. Persentase motivasi siswa kategori sangat tinggi meningkat dari 4% (siklus I) menjadi 40% (siklus II). Persentase hasil belajar siswa yang mencapai nilai ketuntasan meningkat dari 52% (siklus I) menjadi 72% (siklus II). Demikian hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan pembelajaran kooperatif model TGT ( Team Games Tournament ) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar Pendidikan Jasmani pada materi ajar passing permainan bola basket bagi siswa kelas X MIA V SMAN 9 Makassar semester 2 tahun pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN > Pen. Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 Aug 2018 02:55
Last Modified: 10 Aug 2018 02:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10096

Actions (login required)

View Item View Item