PENERAPAN SISTEM POIN TERHADAP TINGKAT KEDISIPLINAN SISWA DI SMA NEGERI 1 MAKALE

AMNAN, IDAR WAHYUNI (2018) PENERAPAN SISTEM POIN TERHADAP TINGKAT KEDISIPLINAN SISWA DI SMA NEGERI 1 MAKALE. S1 thesis, FIS.

[img]
Preview
Text
JURNAL IDAR WAHYUNI AMNAN.pdf

Download (127kB) | Preview

PENERAPAN SISTEM POIN TERHADAP TINGKAT KEDISIPLINAN SISWA DI SMA NEGERI 1 MAKALE IDAR WAHYUNI AMNAN Pendidikan Sosiologi-FIS-UNM ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui bagaimana penerapan sistem poin di SMA Negeri 1 Makale. 2) mengetahui faktor-faktor pendorong dan penghambat dalam penerapan system poin di SMA Negeri 1 Makale. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik dalam menentukan informan adalah purposive sampling, dengan kriteria guru Bimbingan Konseling 1 orang, wakasek kesiswaan, wali kelas dan siswa yang diwakili 8 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan tahapan mereduksi data, mendisplay data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan yaitu member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penerapan system poin di SMA Negeri 1 Makale sudah berjalan cukup baik dengan melakukan pengenalan kebijakan system poin kepada siswa dan walinya 2) a. factor pendorong penerapan system poin yaitu yang pertama karakter siswa itu sendiri yang memiliki kesadaran dan motivasi serta yang kedua yaitu dukungan dari orangtua dan b. faktor penghambat penerapan sist6em poin yaitu karakter siswa yang tidak mau diatur dan faktor pergaulan siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Sosiologi
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 Aug 2018 02:51
Last Modified: 10 Aug 2018 02:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10095

Actions (login required)

View Item View Item