SURVEI SARANA DAN PRASARANA PENJAS DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 DI SD PURI TAMAN SARI MAKASSAR

RAMADHANI, SYAHRUL (2018) SURVEI SARANA DAN PRASARANA PENJAS DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 DI SD PURI TAMAN SARI MAKASSAR. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL KU.docx

Download (28kB)

Abstract

SYAHRUL RAMADANI, 2018 “Survei Sarana dan Prasarana Penjas dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013 di SD UngulanPuri Taman Sari Makassar”. SkripsiJurusanPendidikanGuru SekolahDasarUniversitasNegeri Makassar,konsul (1) Drs. H La Kamadi, M.Pd. konsul (2) Dr M Adam Mappaompo, M. Pd. Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiapakah ketersediaansaranadanprasaranapenjas sudah memadahi proses pembelajaran penjasdalam pelaksanaan kurikulum 2013 di SD Ungulanpuritaman Sari Makassar. Penelitianiniadalahpenelitiandeskriptifkualitatif.Populasipenelitianiniadalahkeseluruhansubjekpenelitianyaitusaranadanprasaranaolahraga SD Ungulanpuri Taman Sari Makassar Adapun hasil persentase rata – rata keseluruhan sarana dan prasarana yang mendukung pembelajaran penjas di SD ungulanPuri Taman Sari Makassar yaitu dengan cara menjumlahkan rata-rata masing-masing cabang olahraga di bagi jumlah cabang olahraga. Sehingga dapat ditentukan bahwa rata-rata sarana dan prasarana yang mendukung pembelajaran penjas di SD UngulanPuritaman sari Makassar adalah 66,13% dengan kategori “baik” untuk proses pembelajaran penjas sesuai dengan kurikulum 2013. Dari 7 prasarana, sudahtersedia4prasaranaatau100% tergolongsangatbaik, serta 1 prasaranaatau50% tergolongsedang. Hanyaterdapat 3 jenisprasarana yang jumlahataukuantitasnyatermasukdalamkategorikurangsekaliatau 0%, karena di SD UngulanPuri Taman Sari Makassar tidakterdapatlapangansepak bola, lapangan futsaldankolam renang. Dari 21saranaolahraga, 2 saranaatau 33,3% yangtermasukdalamkategorikurang sekali, 5 saranaatau 50% telah masuk dalam kategori sedang, dan 16 sarana atau 100% tergolong sangat baik. Sesuaihasilpenelitianini, disarankan : (1) Guru diharapkan untuk lebih kreatif dalam memberdayakan ketersediaan sarana dan prasarana berdasarkan pelaksanaan kurikulum 2013.(2) Guru bagiansaranadanprasaranaolahragahendaknya lebihmengawasibaiksaranadanprasarana yang standardalammenunjangprestasiolahragasiswa. (3) Gurumampumemberikanilmu yang dapatmenunjangprestasipesertadidik agar fungsidarikegiatanproses belajar mengajardapatterealisasidenganbaik. KATA KUNCI : Sarana Dan Prasarana

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
Divisions: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 Aug 2018 02:08
Last Modified: 10 Aug 2018 02:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10084

Actions (login required)

View Item View Item