PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP GOOD GOVERNANCE DALAM PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU KECAMATAN (PATEN) (Studi Kasus pada Kantor Kecamatan Rappocini Kota Makassar)

Ramadani, Fidyah Nita (2018) PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP GOOD GOVERNANCE DALAM PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU KECAMATAN (PATEN) (Studi Kasus pada Kantor Kecamatan Rappocini Kota Makassar). Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
Jurnal_Fidyah Nita Ramadani_1565142027_ilmu Adm.Negara.pdf

Download (381kB) | Preview

Abstract

PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP GOOD GOVERNANCE DALAM PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU KECAMATAN (PATEN) (Studi Kasus pada Kantor Kecamatan Rappocini Kota Makassar) Fidyah Nita Ramadani Jurusan Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar Email: fidyahnitaramadani@gmail.com Abstrak Penerapan prinsip-prinsip good governance dalam pelayanan administrasi terpadu kecamatan (PATEN) di kantor Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi, Program studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. Dibimbing oleh Muhammad Guntur dan Herlina Sakawati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui optimalisasi pelayanan administrasi terpadu kecamatan dalam menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik di kantor kecamatan Rappocini kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Aspek yang diperhatikan dalam penelitian ini adalah prinsip good governance yaitu rule of law, akuntabilitas, transparant atau opennes, profesionalisme, dan partisipasi. Untuk mencapai tujuan tersebut maka penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi sedangkan sumber data yang digunakan berasal dari sumber data primer dan data skunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tata kelola pemerintahan yang baik dapat tercipta melalui program pelayanan administrasi terpadu kecamatan (PATEN) yang optimal. Hal ini di dukung dan dapat dilihat dari proses pelaksanaannya yang sesuai dengan prinsip-prinsip good governance dan standar pelayanan PATEN, dapat disimpulkan bahwa Pelayanan yang baik juga bisa menjadi salah satu kunci terciptanya suatu tata kelola pemerintahan yang baik. Sehingga pelayanan administrassi terpadu kecamatan (PATEN) yang diterapkan di kantor kecamatan Rappocini kota Makassar dapat menciptakan good governance. Kata kunci: Pelayanan, PATEN, Good Governance

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Ilmu Administrasi Negara
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 Aug 2018 01:25
Last Modified: 10 Aug 2018 01:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10078

Actions (login required)

View Item View Item