PENGARUH KELINCAHAN, KECEPATAN GERAK DAN KELENTUKAN TERHADAP KETEPATAN PUKULAN FOREHAND DRIVE PADA PERMAINAN TENIS MEJA SISWA SMA NEGERI 3 MAROS

IRAWAN, EWAN (2018) PENGARUH KELINCAHAN, KECEPATAN GERAK DAN KELENTUKAN TERHADAP KETEPATAN PUKULAN FOREHAND DRIVE PADA PERMAINAN TENIS MEJA SISWA SMA NEGERI 3 MAROS. S1 thesis, PPS.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Ada tidaknya pengaruh langsung kelincahan terhadap kelentukan pada siswa SMA Negeri 3 Maros; (2) Ada tidaknya pengaruh langsung kecepatan gerak terhadap kelentukan pada siswa SMA Negeri 3 Maros; (3) Ada tidaknya pengaruh langsung kelincahan terhadap ketepatan pukulan forehand drive dalam permainan Tenis Meja pada siswa SMA Negeri 3 Maros; (4) ada tidaknya pengaruh langsung kecepatan gerak terhadap ketepatan pukulan forehand drive dalam permainanTenis Meja pada siswa SMA Negeri 3 Maros; (5) ada tidaknya pengaruh langsung kelentukan terhadap ketepatan pukulan forehand drive dalam permainanTenis Meja pada siswa SMA Negeri 3 Maros; (6) ada tidaknya pengaruh kelincahan melalui kelentukan terhadap ketepatan pukulan forehand drive dalam permainan Tenis Meja pada siswa SMA Negeri 3 Maros; (7) ada tidaknya pengaruh kecepatan gerak melalui kelentukan terhadap ketepatan pukulan forehand drive dalam permainan Tenis Meja pada siswa SMA Negeri 3 Maros. Penelitian ini adalah menggunakan metode survey dengan teknik analisis jalur dengan pengolahan secara statistik menggunakan aplikasi SPSS versi 16.00 dan tarafsignifikan 0,05 atau 95%. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa putra kelas XI SMA Negeri 3 Maros. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 siswa putra dengan teknik pengambilan sampel simpel random sampling. Hasil penelitian dari pengujian hipotesis pertama menunjukan bahwa terdapat pengaruh langsung antara kelincahan terhadap kelentukan sebesar 44,4 %. Pengujian hipotesis kedua menunjukan bahwa terdapat pengaruh langsung kecepatan gerak terhadap kelentukan sebesar 30,8 %. Pengujian hipotesis ketiga menunjukan bahwa kelincahan berpengaruh langsung terhadap ketepatan pukulan forehand drive sebesar 26,1 %. Pengujian hipotesis keempat menunjukan bahwa kecepatan gerak berpengaruh langsung terhadap ketepatan pukulan forehand drive sebesar 61,6 %. Pengujian hipotesis kelima menunjukan bahwa kelentukan berpengaruh langsung terhadap ketepatan pukulan forehand drive sebesar 24,9 %. Pengujian hipotesis keenam menunjukan bahwa kelincahan melalui kelentukan berpengaruh terhadap ketepatan pukulan forehand drive sebesar 11.0 %. Pengujian hipotesis ketujuh menunjukan bahwa kecepatan gerak melalui kelentukan berpengaruh terhadap ketepatan pukulan forehand drive sebesar 07,0 %.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Jasmani dan Olahraga (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 09 Aug 2018 02:17
Last Modified: 09 Aug 2018 02:17
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10063

Actions (login required)

View Item View Item