Pengaruh Metode Probing Prompting Setting Kooperatif dalam Pembelajaran Matematika terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Makassar

Kuddus, Muhammad Shiddiqien (2018) Pengaruh Metode Probing Prompting Setting Kooperatif dalam Pembelajaran Matematika terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Makassar. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (272kB) | Preview

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengkaji: (1) hasil belajar siswa sebelum dan setelah diterapkan metode probing prompting setting kooperatif pada kelas eksperimen; (2) hasil belajar siswa sebelum dan setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif pada kelas kontrol; (3) apakah metode probing prompting berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa kedua kelas; (4) seberapa besar tingkat hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan metode probing prompting. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMA Negeri 6 Makassar pada semester genap 2017/2018 yang terdiri dari 6 kelas. Peneliti memilih dua kelas dengan menggunakan simple random sampling. Data diperoleh dari hasil observasi dan tes. Data dianalisis menggunakan analisis statistika deskriptif dan inferensial. Hasil dari analisis statistika deskriptif adalah: (1) rata-rata hasil pretest dan posttest siswa yang diajar dengan metode probing prompting setting kooperatif dan model pembelajaran koperatif berturut-turut adalah: (i) 3.18 dan 64.76; dan (ii) 3.42 dan 52.35; (2) peningkatan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan metode probing prompting sebesar 64.76 dalam kategori sedang. Hasil dari analisis statistika inferensial adalah: peningkatan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan metode probing prompting setting kooperatif lebih besar dari peningkatan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif. Kata Kunci:Probing prompting, Pembelajaran Kooperatif, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 08 Aug 2018 03:23
Last Modified: 08 Aug 2018 03:23
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10047

Actions (login required)

View Item View Item