Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar SejarahPeserta Didik di SMA Negeri 14 Makassar Tahun Pelajaran 2017/2018

JUMAISA, JUMAISA (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar SejarahPeserta Didik di SMA Negeri 14 Makassar Tahun Pelajaran 2017/2018. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
Jurnal Jumaisa.pdf

Download (607kB) | Preview

Abstract

Penelitianinibertujuan mengetahui (1) perbedaan aktivitas dan hasil belajar Sejarah pesertadidik SMA Negeri 14 Makassar antara yang diajardengan Model Pembelajaran Inkuiri dan Model PembelajaranEkspositori, (2) perbedaanaktivitasbelajarSejarahpeserta didik SMA Negeri 14 Makassar antara yang diajardenganModel PembelajaranInkuiridan Model PembelajaranEkspositori, (3) perbedaanhasilbelajarSejarahpesertadidik SMA Negeri 14 Makassar antara yang diajardengan Model PembelajaranInkuiridan Model PembelajaranEkspositori. Desainpenelitian yang digunakanbersifateksperimen.Populasipenelitianiniadalahkesuluruhan peserta didikKelas XIIS SMA Negeri 14 Makassar.Sampelpenelitianterdiridariduakelompok, yaitu peserta didik KelasX IIS2 sebagaikelaseksperimendanKelas X IIS1 sebagaikelaskontrol.Penarikansampeldalampenelitianinidilakukan dengan teknikCluster Random Sampling. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini adalah observasi dan tes tertulis. Teknik analisis data menggunakan teknik statistika deskriptif dan statistika inferensial. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa (1) terdapat perbedaan aktivitas dan hasil belajar sejarah peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran inkuiri dengan model pembelajaran ekspositori, hal ini dapat dilihat dari hasil uji statistik yang mana diperoleh nilai sig-probabilitas = 0,000 < α = 0,05 dan nilai t hitung = 4,045 > t tabel = 1,981, (2) terdapat perbedaan aktivitas belajar sejarah peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran Inkuiridenganmodel pembelajaran Ekspositori, hal ini dapat dilihat dari besaran persentase kelas eksperimen sebesar 79,16% yang berada pada kategori tinggi,sedangkan kelompok kontrol hanya mencapai 15,62% pada kategori tinggi, diperkuat pula dengan uji statistik, diperoleh nilai sig-probabiliti = 0,000 < α = 0,05 dan perolehan nilai t hitung = 6,297 > t tabel = 2,004, (3) terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran Inkuiridenganmodel pembelajaran Ekspositori. Hal tersebut dapat diketahui dari skor rata-rata 76,04, sedangkan untuk kelas kontrol yang diajar dengan pembelajaran Ekspositori memperoleh skor rata-rata 68,75. Selain itu hasil tersebut diperkuat dengan uji inferensial data statistik, dari hasil perhitungan diperoleh nilai sig-probabiliti = 0,007 < α = 0,05 dan perolehan nilai t hitung = 2,821 > t tabel = 2,004. Kata Kunci : Model Pembelajaran Inkuiri, Ekspositori, Aktivitas dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 07 Aug 2018 06:30
Last Modified: 07 Aug 2018 06:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10038

Actions (login required)

View Item View Item