Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Sebelum Dan Sesudah Implementasi Jaminan Kesehatan Nasional dengan Menggunakan Rasio Keuangan (Studi Kasus Pada RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar Pada Tahun 2010-2017)

Azizah, Nur (2018) Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Sebelum Dan Sesudah Implementasi Jaminan Kesehatan Nasional dengan Menggunakan Rasio Keuangan (Studi Kasus Pada RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar Pada Tahun 2010-2017). S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
NUR.pdf

Download (36kB) | Preview

, 2018. . Skripsi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Makassar. “Di bimbing oleh ”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja keuangan sebelum dan sesudah implementasi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) pada RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar tahun 2010-2017 dengan menggunakan rasio likuiditas dan rasio profitabilitas. Jenis penelitian ini kuantitatif deskriptif. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah laporan keuangan RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar tahun 2010-2017. Sedangkan sampel yang digunakan adalah neraca dan laporan aktivitas rumah sakit tahun 2010-2017. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah rasio likuiditas dan rasio profitabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja keuangan RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar masih belum cukup baik sehingga pihak rumah sakit efektif dalam mengelola aktiva lancar seperti piutang dan persediaan yang dimiliki oleh rumah sakit agar semakin likuid dengan mengusahakan perputaran piutang dan perputaran persediaan rumah sakit dalam satu tahun dan juga hendaknya melakukan efisiensi dan efektifitas terhadap seluruh biaya-biaya operasional agar dapat memperoleh laba lebih tinggi. Kata Kunci : Rasio Likuiditas, Rasio Profitabilitas, Kinerja Keuangan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Manajemen
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 07 Aug 2018 03:09
Last Modified: 07 Aug 2018 03:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10027

Actions (login required)

View Item View Item