Evaluasi Pelaksanaan Penilaian Autentik (Aspek Psikomotorik) dalam Pembelajaran Berkarya Seni Rupa Dua Dimensi di Kelas XII (Studi pada Sekolah Menengah Atas di Kecamatan Pattallassang Kabupaten Takalar)

IRWAN, IRWAN (2018) Evaluasi Pelaksanaan Penilaian Autentik (Aspek Psikomotorik) dalam Pembelajaran Berkarya Seni Rupa Dua Dimensi di Kelas XII (Studi pada Sekolah Menengah Atas di Kecamatan Pattallassang Kabupaten Takalar). S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
JURNAL IRWAN PDF.pdf

Download (376kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hasil pengetahuan guru seni budaya (seni rupa) pada Sekolah Menengah Atas di Kecamatan Pattallassang Kabupaten Takalar pada Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan dan Panduan Penilaian Kelompok Mata Pelajaran Estetika, (2) hasil pelaksanaanpenilaian hasil belajar yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pemanfaatan, dan pelaporan penilaian hasil belajar, (3) hasil pelaksanaan penilaian autentik (aspek psikomotorik) dalam pembelajaran berkarya seni rupa dua dimensi di Kelas XII pada SMA di Kecamatan Pattallassang Kabupaten Takalar Penelitian ini merupakan jenis penelitian evaluasi dengan pendekatan deskriftif kualitatif. Model evaluasi yang digunakan yaitu Stake Countenance Model. Penelitian dilakukan pada tanggal 5 Februari-5 Maret 2018 pada SMA di Kecamatan Pattallassang Kabupaten Takalar. Subjek penelitian ini adalah guru seni budaya (seni rupa). Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisis data menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian adalah (1) Guru mata pelajaran seni rupa pada SMA di Kecamatan Pattallassang Kabupaten Takalar masih ada yang tidak mengetahui dan memahami Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016, hal ini disebabkan kurangnya sosialisasi yang dilakukan oleh pihak-pihak terkait seperti Dinas Pendidikan serta pimpinan satuan pendidikan dan jarangnya dilaksanakan kegiatan pelatihan penilaian hasil belajar bagi guru mata pelajaran seni rupa. (2) Secara administrasi, guru mata pelajaran seni rupa pada SMA di Kecamatan Pattallassang Kabupaten Takalar telah menyusun program perencanaan penilaian dan melaksanakan penilaian, tetapibelum sepenuhnya berpedoman pada Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016. (3) Penilaian hasil belajar yang dilaksanakan oleh guru mata pelajaran seni rupa pada SMAdi Kecamatan Pattallassang Kabupaten Takalar pada umumnya lebih merupakan sebuah penilaian untuk memenuhi kehendak satuan pendidikan, sehingga penerapan prinsip-prinsip penilaian sesuai standar tidak terlaksana sebagaimana yang diharapkan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN SENI RUPA - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Aug 2018 05:42
Last Modified: 04 Oct 2018 06:47
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10010

Actions (login required)

View Item View Item