Hubungan Kecepatan Lari, Daya Ledak Tungkai dan Keseimbangan Terhadap Kemampuan Lompat Jauh Murid SD Inpres Bertingkat Mattoanging Kota Makassar

Fajrul, Muh (2018) Hubungan Kecepatan Lari, Daya Ledak Tungkai dan Keseimbangan Terhadap Kemampuan Lompat Jauh Murid SD Inpres Bertingkat Mattoanging Kota Makassar. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
jurnal.docx

Download (77kB)

Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif yang menggunakan rancangan penelitian “korelasional”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) Apakah ada hubungan antara kecepatan lari terhadap kemampuan lompat jauh pada murid SD Inpres Bertingkat Mattoanging Kota Makassar; (2) Apakah ada hubungan antara daya ledak tungkai terhadap kemampuan lompat jauh pada murid SD Inpres Bertingkat Mattoanging Kota Makassar; (3) Apakah ada hubungan antara keseimbangan terhadap kemampuan lompat jauh pada murid SD Inpres Bertingkat Mattoanging Kota Makassar; (4) Apakah ada hubungan antara kecepatan lari, daya ledak tungkai dan keseimbangan secara bersama-sama terhadap kemampuan lompat jauh pada murid SD Inpres Bertingkat Mattoanging Kota Makassar. Populasinya adalah seluruh murid SD Inpres Bertingkat Mattoanging Kota Makassar yaitu sebanyak 235 orang murid. Sampel yang digunakan adalah murid putra sebanyak 40 orang. Teknik pengambilan sampel adalah dengan pemilihan secara acak (Simple Random Sampling). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis dekskriptif, analisis regresi (r) dan analisis regresi ganda (R) dengan taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Ada hubungan antara kecepatan lari terhadap kemampuan lompat jauh pada murid SD Inpres Bertingkat Mattoanging Kota Makassar, dengan nilai korelasi sebesar 0,700 (PValue < α0,05); (2) Ada hubungan antara daya ledak tungkai terhadap kemampuan lompat jauh pada murid SD Inpres Bertingkat Mattoanging Kota Makassar, dengan nilai korelasi sebesar 0,685 (PValue < α0,05); (3) Ada hubungan antara keseimbangan terhadap kemampuan lompat jauh pada murid SD Inpres Bertingkat Mattoanging Kota Makassar; dengan nilai korelasi sebesar 0,722 (PValue < α0,05); (4) Ada hubungan antara kecepatan lari, daya ledak tungkai dan keseimbangan secara bersama-sama terhadap kemampuan lompat jauh pada murid SD Inpres Bertingkat Mattoanging Kota Makassar, dengan nilai R hitumg (R) sebesar 0,836 (PValue < α0,05); dan nilai F hitung (F) sebesar 0,755 atau 75,5%, yang berarti bahwa 75,5 persen keragaman variabel terikat (Y = Kemampuan lompat jauh) dapat dijelaskan atau dapat diterangkan oleh keragaman variabel bebas (X = Kecepatan Lari, Daya Ledak Tungkai dan Keseimbangan) dan sisanya sebanyak 24,5 persen dijelaskan oleh variabel lain tidak termasuk dalam model.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
Divisions: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Aug 2018 03:58
Last Modified: 06 Aug 2018 03:58
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10006

Actions (login required)

View Item View Item